Friday, 19 April 2024
HomeBeritaBerada di Ketinggian 4.693 Mdpl, ATM Ini Jadi yang Tertinggi di Dunia

Berada di Ketinggian 4.693 Mdpl, ATM Ini Jadi yang Tertinggi di Dunia

Bogordaily.net – Bukan berada di pusat perbelanjaan, melainkan di atap dunia, di Pakistan ini jadi yang di dunia. ini pun disertifikasi oleh Guiness World Records.

Anjungan Tunai Mandiri () merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan traveler ketika kehabisan uang saat traveling. Mesin pengambil uang tersebut biasanya dapat ditemukan dengan mudah di pinggir-pinggir jalan, ataupun di dalam pusat perbelanjaan.

Ternyata, di celah perbatasan Khunjerab Pass di Provinsi Gilgit-Baltistan Utara, Pakistan terdapat yang berfungsi penuh di atas pegunungan bersalju Karakoram. Mesin yang terletak di perbatasan antara China dan Pakistan ini berada di ketinggian 4.693 meter.

Dipasang oleh National Bank of Pakistan (NBP) pada 2016, mesin bertenaga surya dan angin itu adalah pemandangan yang benar-benar tidak biasa untuk dilihat di tempat terpencil seperti Khunjerab Pass, yang merupakan penyeberangan perbatasan beraspal di dunia.

Pemasangan mesin ATM itu membutuhkan waktu empat bulan dan upaya yang rumit. Selain itu mesin itu juga membutuhkan pekerjaan perawatan dan pengisiannya yang tidak mudah karena bank terdekat berjarak 82 kilometer, demikian dilansir dari Oddity Central.

Zahid Hussain, manajer cabang Sost NBP, bank terdekat dengan ATM di dunia itu, secara teratur berkendara, menghadapi angin kencang, badai, tanah longsor yang sering terjadi, dan melewati gunung yang berbahaya untuk memastikannya mesin ATM itu berfungsi dengan baik.

Karena letaknya yang berada di “antah berantah” mesin ATM itu tidak banyak digunakan. Mesin ini sebagian besar melayani penjaga perbatasan yang mengambil gaji bulanan mereka dari itu, segelintir penduduk setempat, dan beberapa orang yang melintasi perbatasan melalui celah. Konon, sekitar 4 hingga 5 juta rupee (sekira Rp282 juta – Rp353 juta) ditarik dari mesin itu setiap beberapa minggu.

Seorang juru bicara National Bank of Pakistan mengatakan kepada BBC bahwa biasanya dibutuhkan seseorang antara dua dan dua setengah jam untuk mencapai ATM di dunia ketika membutuhkan perbaikan darurat. Itu sebenarnya tidak buruk sama sekali, mengingat lokasinya yang ekstrem. Meskipun volume transaksinya rendah, bank menganggap serius mesin ini karena orang-orang yang mengandalkannya.

“Mereka mungkin tidak signifikan jumlahnya, tetapi mereka sering tinggal di taman besar itu sendiri dan tidak memiliki media lain untuk mentransfer gaji mereka kepada orang yang dicintai dan keluarga,” kata Zahid Hussain.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here