Tuesday, 25 June 2024
HomeBeritaBerikan Rasa Nyaman Kepada Warga, Ini yang Dilakukan Babinsa Kelurahan Ciparigi

Berikan Rasa Nyaman Kepada Warga, Ini yang Dilakukan Babinsa Kelurahan Ciparigi

Bogordaily.net – Upaya memberikan rasa dan nyaman bagi gencar dilakukan, seperti yang dilakukan Kelurahan Ciparigi, Peltu Selamet Hariadi, ia turut membantu proses pengerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT), agar hunian masyarakat tidak terkena longsor.

Pengerjaan tersebut dilaksanakan di Kampung Neglasari II, RT 04, RW 01, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, pada Sabtu 29 Oktober 2022, pukul 08.30 WIB. Ia saling bahu membahu bersama membangun TPT, hal itu demi keamanan hunian masyarakat menghadapi musim penghujan seperti sekarang.

“Bangunan TPT yang dibangun tentunya berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu yang pada umumnya dipasang pada daerah tebing yang labil, seperti di Kampung Neglasari ini,” kata Peltu Selamet Hariadi

Ia menambahkan, TPT tersebut berfungsi untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah yang miring, serta bisa menahan lereng yang kemantapannya tidak dapat dijamin oleh kontur tanah tersebut.

TPT tersebut juga salah satu jenis konstruksi sipil yang dibangun dengan fungsi untuk menahan gaya tekanan suatu tanah maupun air. Oleh karena itu suatu konstruksi dinding penahan haruslah direncanakan dan dirancang agar terhadap gaya-gaya yang berpotensi menyebabkan kegagalan struktur.

“Program pembangunan TPT ini digagas oleh Dinas PUPR Kota Bogor, tentunya dibangun di wilayah yang rawan terjadi longsoran tanah, terlebih belakangan ini intensitas curah hujan sangat tinggi,” tutup Peltu Selamet Hariadi.

Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here