Thursday, 28 March 2024
HomeHiburanBikin Wajah Cerah Alami, Coba Deh Pakai Cara Ini

Bikin Wajah Cerah Alami, Coba Deh Pakai Cara Ini

Bogordaily.net–  Memiliki kulit wajah cerah menjadi dambaan banyak orang. Bahkan tak sedikit orang melakukan berbagai jenis perawatan dan menggunakan produk yang mahal agar kulit tampak lebih cerah. Nah, untuk mendapatkan kulit wajah cerah tidak selalu harus dengan produk perawatan kulit atau prosedur yang mahal. Ada beberapa cara bikin wajah cerah secara alami sebagaimana dilansir dari laman Aladokter berikut ini:

Rajin mencuci wajah

Bersihkan wajah secara rutin setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Saat mencuci wajah, coba gunakan sabun berbahan lembut untuk mencegah kulit wajah mengalami iritasi. Anda juga dianjurkan untuk membersihkan wajah tiap usai berolahraga atau bepergian ke luar rumah untuk menghilangkan bakteri dan keringat berlebih pada wajah. Setelah mencuci wajah, gunakan pelembap kulit untuk menjaganya tetap lembap dan berseri.

Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Agar kulit wajah tampak lebih cerah, perbanyak konsumsi makanan yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti protein terutama kolagen, lemak sehat seperti asam oleat dan omega-3, Zinc, aneka vitamin termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E serta antioksidan. Selain itu bisa juga konsumsi aneka nutrisi tersebut bisa ditemukan pada makanan-makanan bernutrisi tinggi, misalnya kangkung, bayam, rumput laut, ikan, telur, alpukat, dan yoghurt.

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat cerah, coba batasi konsumsi makanan olahan atau makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, dan radikal bebas. Hindari juga konsumsi alkohol atau kafein berlebihan karena dapat membuat kulit kering.

Lindungi wajah dari sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) pada siang hari. Sebab intensitas sinar UV tertinggi terjadi pada pukul 11.00-15.00 siang. Sering terpapar sinar UV dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan pada kulit, penuaan dini, bahkan risiko kanker kulit. Jangan sampai hal ini menghambat aktivitas Anda di siang hari. Gunakan pakaian berlengan panjang, kacamata hitam, dan topi, serta jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Istirahat yang cukup

Tidur merupakan proses alami tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas ini bisa meningkat jumlahnya jika tubuh sering stres, terpapar sinar matahari, dan polusi atau asap rokok. Jika Anda kurang tidur, maka kulit wajah akan terlihat lebih kusam, serta memicu munculnya garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda). Pastikan Anda tidur setidaknya 7-9 jam sehari dan hindari makanan berat atau mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kelola stres

Stres tak hanya akan membuat kulit Anda lebih kusam, namun juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit, seperti jerawat. Anda perlu mengelola stres untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat. Mengelola stres bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin berolahraga, mengerjakan hobi, dan melakukan relaksasi, yoga, atau meditasi.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga tak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tapi juga memelihara kelenturan kulit wajah agar kulit terlihat cerah dan awet muda. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan, misalnya joging, secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari.

Gunakan skincare alami

Beberapa riset menunjukkan bahwa bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan kopi, mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kuman dan paparan zat berbahaya. Selain itu, bahan alami tersebut juga dipercaya efektif menangani jerawat dan kerap dimanfaatkan sebagai pembersih makeup.

Untuk mencerahkan wajah, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun atau lidah buaya secukupnya ke wajah sebelum tidur malam. Pijat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih atau gunakan tisu wajah yang lembut. Biarkan lapisan tipis minyak kelapa yang tertinggal di wajah semalaman, lalu bilas kembali hingga bersih keesokan harinya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here