Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaBisa Atasi Kanker, Nih Sederet Manfaat Tahu

Bisa Atasi Kanker, Nih Sederet Manfaat Tahu

Bogordaily.net– Salah satu nutrisi pada tahu dengan kadar paling banyak adalah protein. Tahu menjadi makanan sumber protein nabati yang baik untuk orang-orang yang menjalani diet vegetarian. Sebab, protein pada tahu bisa menggantikan kebutuhan gizi tubuh yang diperoleh dari daging. Kandungan nutrisi ini hadir dari kacang kedelai yang menjadi bahan dasar membuat tahu. Dilansir dari laman Halodoc.com, berikut tahu untuk kesehatan:

Mengurangi risiko payudara

Fitoestrogen yang terdapat pada kacang kedelai dan berbagai produknya justru mempunyai efek antiestrogenik terhadap jaringan tubuh. Efek ini disebutkan bisa membantu mengurangi risiko munculnya payudara pada wanita.

Mengurangi risiko saluran cerna

Isoflavon yang terdapat pada tahu dipercaya bisa membantu mengurangi risiko terjadinya pada saluran cerna, termasuk kolorektal dan lambung. Studi dalam European Journal of Nutrition menyebutkan, konsumsi kedelai dan produk yang terbuat dari kedelai, dihubungkan dengan penurunan risiko yang terjadi pada sistem pencernaan mencapai 7 persen.

Mengatasi sembelit

Tahu dan makanan maupun minuman lain yang terbuat dari kacang kedelai memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat dapat membantu mengendalikan gerak usus sehingga tubuh akan terhindar dari risiko masalah pencernaan, terlebih konstipasi. Selain itu, serat yang terkandung pada tahu juga diyakini memiliki untuk mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

Menjaga kerja otak

Selain menurunkan risiko kanker pada sistem pencernaan, isoflavon yang terkandung pada kacang kedelai dan semua produknya, tak terkecuali tahu juga sangat baik untuk menunjang kerja otak. tahu satu ini terutama bisa dirasakan pada kemampuan mengingat atau fungsi kognitif.

Penurunan risiko penyakit jantung

Tahu juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini lantaran kandungan isoflavon yang terdapat pada kacang kedelai yang dapat mencegah terjadinya peradangan di pembuluh darah. Selain itu, serat yang terdapat pada tahu juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. ***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here