Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBMKG Umumkan Gempa Masih Terjadi di Tarutung, Tapanuli Utara

BMKG Umumkan Gempa Masih Terjadi di Tarutung, Tapanuli Utara

Bogordaily.net – BMKG kembali mengumumkan gempa masih terjadi di Tarutung, , Sumatera Utara.

Gempa terkini dicatat BMKG  terjadi lagi pada Jumat menjelang subuh, 2022, tepat pukul 03.00 WIB.

Gempa itu berkekuatan Magnitudo 5,0 yang intensitas guncangannya bisa dirasakan hingga skala IV MMI.

Setara getaran gempa yang bisa dirasakan banyak orang di dalam rumah dan sebagian orang di luar rumah jika terjadi pada siang hari, serta mampu membuat jendela atau pintu berderit.

Data sementara dari BMKG, titik pusat gempa berada di darat, 5 kilometer arah timur laut .

Kedalamannya 10 kilometer. Getarannya juga terukur di Sipoholon, kecamatan tetangga Tarutung, pada skala III MMI atau setara getaran yang dirasakan di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Warga Merasakan Gempa

Pada media sosial BMKG, sejumlah warga menungkapkan merasakan gempa tersebut, ada yang menyebut lokasi di Sibolga dan Tarutung. Warga yang memberi komentar pada akun BMKG rata-rata menyatakan terbangun akibat gempa tersebut bahkan ada yang menyatakan trauma.

Akun @Yainimarissababe misalnya. Dia menyatakan “Jadi insomnia permanen nih kalau setiap jam segini datang gempa.” Sembari memberi emoticon menangis.

Seperti diketahui gempa Tarutung, M5,8, terjadi pada pukul 02.28 WIB pada Sabtu 1 Oktober 2022. Sejak itu BMKG mencatat sudah lebih dari 100 gempa susulan yang terjadi hingga yan terjadi menjelang pagi ini.

Didominasi magnitudo kecil, rangkaian gempa susulannya belakangan memiliki kekuatan dengan guncangan yang bisa dirasakan masyarakatny. Sebelum gempa terkini, guncangan juga terjadi M4,5 pada Kamis sore kemarin, pukul 15.30 WIB. BMKG mengukurnya hingga skala IV MMI di Tarutung.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here