Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorBunda Munifah Syanwani Bangkitkan Kaum Perempuan, PPUMI Gelar Tasyakuran ke-1

Bunda Munifah Syanwani Bangkitkan Kaum Perempuan, PPUMI Gelar Tasyakuran ke-1

Bogordaily.net – Pemberdayaan Perempuan Indonesia (PPUMI) mengadakan ke-1 sekaligus pembentukan Forum Majlis Ta'lim (Format) Kota Bogor di Kampung Sumur Wangi, RT.001/RW.005, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam kegiatan Pemberdayaan Perempuan Indonesia ini dibuka dengan membacakan doa dari Pimpinan Yayasan Al Ahsan, KH. Hidayatullah.

Berjalan khidmat dan lancar, ini  diikuti seluruh pengurus dan anggota PPUMI, Camat Tanah Sareal Sahib Khan, Lurah Mekarwangi Arief Budiman serta pimpinan majlis ta'lim se-Kota Bogor.

Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Dr. Hj. Munifah Syanwani, M.Si mengatakan, kegiatan ini selain bertujuan melaksanakan juga untuk membangun ekonomi keuangan bagi kaum perempuan.

“Kalau kita berbicara ekonomi kaum perempuan, maka itu merupakan kekuatan ekonomi keluarga. Intinya perempuan kuat di situasi apapun bisa hidup dan bangkit. Maka dari itu, kami dari PPUMI ingin mengangkat marwah martabat ekonomi perempuan yang endingnya kesejahteraan keluarga,” ujar Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Dr. Hj. Munifah Syanwani, M.Si kepada Bogordaily.net.

Menurutnya, setelah kesejahteraan keluarga, maka lahirlah kesejahteraan jama'ah, lingkungan, umat dan bangsa. Jika kesejahteraan ekonomi bangsa bangkit itu adalah faktor-faktor variabel yang menentukan adalah kaum perempuan.

Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Dr. Hj. Munifah Syanwani, M.Si. (Ibnu/Bogordaily.net)

“Karena itu kita selalu adakan bermacam pelatihan dan program. Mulai dari permodalan pembiayaan, manajemen produksi, pengemasan prodak dan pemasaran prodaknya. Sehingga, nanti kedepannya kita bisa memasarkan produk-produk dari PPUMI ini ke luar negeri,” katanya.

Selama 1 tahun, kata Dr. Hj. Munifah Syanwani, M.Si, PPUMI sudah melatih lebih dari 6.000 perempuan untuk menggunakan digitalisasi.

Sebab, PPUMI sudah bekerjasama dengan Menkominfo dan bank Indonesia untuk melatih perempuan agar mampu maju di era digitalisasi seperti berjualan online.Bahkan ada satu program memiliki sertifikasi halal yang diresmikan pada tahun 2021.

“Harapannya perempuan ini terus berkarya dan berdaya sehingga ekonomi bangsa maju yang dibantu ekonomi perempuan,” harapnya.

Diketahui, setelah PPUMI, acara dilanjutkan dengan pembentukan Format Kota Bogor dalam mensinergikan ekonomi keluarga. PPUMI bergerak di ekonomi sedangkan Format Kota Bogor yang menjalankannya.*

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here