Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaCatat! Ini Alasan Medis Tidak Boleh Makan Berlebihan

Catat! Ini Alasan Medis Tidak Boleh Makan Berlebihan

Bogordaily.net berlebihan dalam sekali waktu tentu tidak disarankan. Hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti merasa kembung, lesu, sulit tidur, atau refluks asam.

Jika merasa terlalu banyak, coba ikuti tips dari Jepang. Orang Jepang memiliki frasa yang disebut hara hachi bu, yang berarti sampai kenyang 80 persen dan berasal dari Okinawa.

Mungkin ini saran yang bagus, yang pada dasarnya berarti Anda harus dalam jumlah yang akan membuat Anda merasa kenyang tetapi tidak sepenuhnya kenyang.

Ada hal- hal lain yang dapat dilakukan untuk mengelola keinginan dan menghindari berlebihan. Salah satu caranya dengan perlahan, yang dapat membantu mengatasi dalam jumlah banyak.

“Saat Anda , perut Anda mengembang. Semakin banyak makanan yang Anda makan, semakin besar perut Anda akan mengembang untuk menampung,” demikian dikutip dari laman Health Digest, Senin 10 Oktober 2022.

Perut memiliki reseptor peregangan yang aktif ketika air atau makanan masuk ke perut, dan reseptor ini mengirim sinyal ke otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak.

Semakin cepat Anda makan, semakin sedikit waktu yang tersedia untuk sinyal-sinyal ini mencapai otak Anda, membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak kenyang seperti sebenarnya.

Menariknya, beberapa peneliti percaya bahwa makan berlebihan tidak menyebabkan obesitas, melainkan apa yang Anda makan daripada seberapa banyak Anda makan yang mendorong obesitas.

Namun, makan berlebihan memang memiliki risiko, termasuk menciptakan kelebihan lemak tubuh tergantung pada apa yang Anda makan berlebihan, meningkatkan risiko penyakit, dan bahkan dapat merusak fungsi otak.

Makan banyak juga dapat menyebabkan masalah lainnya, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Makan porsi kecil dengan kecepatan lebih lambat dapat membantu Anda menghindari makan sampai Anda merasa kenyang.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here