Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorChildFund Simulasi Bencana Alam di Kabupaten Bogor, Pelajar SD Antusias

ChildFund Simulasi Bencana Alam di Kabupaten Bogor, Pelajar SD Antusias

Bogordaily.net–  International di Indonesia mengadakan program bersama Yayasan Warga Upadaya yang menyasar sepuluh Sekolah Dasar Negeri (SDN) di terkait kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Dua perwakilan siswa-siswi dari Sekolah Dasar bernama Samuel dan Zahra datang ke Studio Podcast Bogordaily di Jalan Raya Kemang Parung Bogor No.522, Kecamatan Kemang, , pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Sebelumnya, kedua siswa-siswi ini sudah melaksanakan simulasi bencana alam terkait dengan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di sekolahnya masing-masing.

Samuel dan Zahra mengaku sangat senang mendapat ilmu dan informasi mengenai kiat-kiat pencegahan bencana alam.

“Pada saat simulasi di sekolah, di kasih tau seandainya ada bencana itu jangan panik dan cari tempat perlindungan yang aman,” ujar Samuel saat diwawancarai oleh Bogordaily.net terkait kegiatan International di Indonesia dan Yayasan Warga Upadaya.

Menurut Samel, di SDN Karadenan diberikan pengetahuan simulasi banjir dan praktik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) mengenai cara pengobatan saat terjadi luka.

Kemudian Zahra juga membagikan pengalamannya saat melakukan simulasi bencana gempa bumi di SDN Cikaret 2. Zahra menuturkan, banyak ilmu baru yang bermanfaat mengenai cara-cara penanganan dan perlindungan diri.

“Buat kegiatan kemarin, aku dapat ilmu baru dan dapat teman baru juga. Seru banget simulasi kegiatannya,” ujar Zahra saat menceritakan pengalamannya.

Selain itu, Zahra juga menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan pada saat gempa ketika terjadi di sekolah yaitu berlindung di bawah meja. Jika bel sudah selesai, nanti langsung keluar untuk mencari tempat yang aman. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here