Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaCoba yuk, Ini 5 Manfaat Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Coba yuk, Ini 5 Manfaat Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Bogordaily.net – Kayu manis merupakan rempah yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal dengan nama Cinnamomum. Banyak ahli mengatakan kalau kayu manis sangat baik dan bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit.

Selain sebagai rempah dan bahan industri, konsumsi kayu manis memiliki sejumlah . Penelitian menunjukkan kandungan kayu manis dapat mengatasi infeksi jamur, menurunkan kadar gula darah, dan meredakan peradangan.

Para ilmuwan percaya bahwa cinnamaldehyde adalah senyawa yang bertanggungjawab atas manfaat dari kayu manis.

Kayu manis memiliki banyak manfaat , mulai dari mengatasi gangguan ringan hingga mencegah penyakit kronis.

Berikut manfaat kayu manis untuk .

1. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Cinnamaldehyde mampu membantu melawan berbagai jenis bakteri. Selain itu, minyak kayu manis juga terbukti efektif untuk mengatasi infeksi akibat jamur.

Efek antimikroba yang dimiliki kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

2. Melindungi dari penyakit kanker

Kayu manis telah banyak dipelajari untuk potensi penggunaannya dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Dengan meminum air kayu manis secara rutin. Dengan meminumnya, secara tidak langsung kita sudah membantu tubuh kita memerangi radikal bebas seperti kanker.

3. Peradangan

Ketika salah satu bagian tubuh kamu mengalami peradangan, rasanya memang tidak enak. Namun begitulah cara tubuh untuk melawan infeksi yang merusak jaringan tubuhmu.

Sayangnya, untuk beberapa infeksi, tubuh kadang membutuhkan waktu lama untuk melawannya. Kamu bisa membantu tubuhmu sendiri dengan mengkonsumsi kayu manis, entah itu mencampurnya dengan minuman atau makanan tertentu.

4. Meredakan Rasa Sakit Saat Menstruasi

Untuk para perempuan, rasa nyeri saat menstruasi adalah makanan sehari-hari. Meski rasanya mules, dan bikin emosi kita naik turun, namun kita tidak memiliki pilihan lain selain menerimanya.

Saat ini sudah banyak obat maupun minuman untuk meredakannya. Tapi kalau kamu maunya yang alami, kayu manis bisa jadi solusinya. Pasalnya, mengkonsumsi air kayu manis selama menstruasi dapat membantu meredakan rasa nyeri dan mulas yang muncul.

5. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Studi pada hewan menunjukkan manfaat kayu manis untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Berdasarkan jurnal PLOS One, ekstrak kulit kayu manis mengandung senyawa yang disebut CEppt. Ini memiliki sifat yang dapat mencegah gejala Alzheimer berkembang.

Tikus percobaan yang diberi ekstrak kayu manis menunjukkan penurunan gejala Alzheimer. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi manfaat ini.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here