Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaDaftar Obat Batuk Mengandung Etilen Glikol, Cek di Sini!

Daftar Obat Batuk Mengandung Etilen Glikol, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Daftar mengandung ini perlu Anda catat baik-baik. Setelah geger kasus gagal ginjal akut pada anak.

Munculnya kasus gagal ginjal akut berawal dari Gambia dimana ada empat jenis obat sirup yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan (EG) yang diduga menjadi penyebab munculnya gagal ginjal pada anak.

Saat ini kasus gagal ginjal akut pada anak sedang merebak di tanah air dengan sebanyak 189 anak terkena penyakit tersebut. Buntutnya, Kemenkes melarang sementara penjualan obat sirup cair di apotek dan nakes juga diimbau tidak meresepkan obat sirup cair.

BPOM sendiri sebelumnya sudah melarang penjualan obat sirup dengan kandungan dua bahan tersebut. Adapun, menurut keterangan dari BPOM, ada empat yang diduga terkontaminasi dua bahan tersebut.

Berikut Daftar Mengandung :

1. Promethazine Oral Solution
2. Kofexmalin Baby Cough Syrup
3. Makoff Baby Cough Syrup
4. Magrip N Cold Syrup

Keempat produk tersebut diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India. BPOM sendiri menyatakan telah melakukan pengawasan secara komprehensif pre- dan post-market terhadap produk obat yang beredar di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran BPOM, keempat produk yang ditarik di Gambia tersebut tidak terdaftar di Indonesia dan hingga saat ini produk dari produsen Maiden Pharmaceutical Ltd, India tidak ada yang terdaftar di BPOM.Untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat, BPOM telah menetapkan persyaratan pada saat registrasi bahwa semua produk obat sirup untuk anak maupun dewasa, tidak diperbolehkan menggunakan dietilen glikol (DEG) dan (EG).

Namun demikian, sebagai langkah kehati-hatian, BPOM juga sedang menelusuri kemungkinan kandungan DEG dan EG sebagai cemaran pada bahan lain yang digunakan sebagai zat pelarut tambahan.

BPOM terus melakukan langkah langkah pengawasan intensif terhadap obat-obat terkait dan akan segera menyampaikan hasilnya kepada masyarakat.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here