Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaDear Orang Tua... Anak Dilarang Minum Obat Sirup, yuk Lakukan Ini

Dear Orang Tua… Anak Dilarang Minum Obat Sirup, yuk Lakukan Ini

Bogordaily.net–  Badan Pengawas Obat dan Makanan RI () menemukan yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) di atas batas aman. Zat ini diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius atau gangguan ginjal.

juga melarang penggunaan bagi anak-anak dan orang dewasa di Indonesia. Adanya keputusan ini, membuat sebagian orang tua merasa kebingungan.

Dokter spesialis anak Kurniawan Satria Denta, atau sering disapa dr Denta dilansir Suara.com mengatakan, ia mendapat sejumlah pertanyaan kaitan antara penyakit gagal ginjal akut pada anak dan pelarangan .

“Beberapa hari terakhir banyak yang menghubungi saya untuk meminta konfirmasi soal hal-hal tersebut,” katanya.

“Semuanya, dari media sosial, pasien, rekan-rekan media dan dari grup WhatsApp juga ada,” sambungnya.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua? Menurut Dokter Denta jika anak sudah terlanjur diresepkan obat sirup, orang tua perlu menghubungi dokter yang bersangkutan dan menanyakan apakah obat tersebut harus berhenti dikonsumsi atau diganti.

Ia juga mengimbau orang tua untuk mengenali situasi anak yang sakit.

“Yang penting orang tua harus tahu ini sakitnya emergency yang segera membutuhkan tindakan atau tidak,” katanya.

“Kalau misalkan aman-aman saja, masih sadar, masih bisa kencing dengan bagus, aktif dan suhunya tidak terlalu tinggi, bisa diberikan minum yang lebih sering, kompres hangat dan lain sebagainya sambil memonitor gejala yang timbul pada anak,” paparnya.

Pelarangan obat sirup untuk sementara menurutnya dapat menjadi pengingat agar obat-obatan diberikan dengan rasional.

“Yang saya selalu sampaikan pada pasien saya itu adalah jangan asal kasih obat,” katanya.

“Kalau pun dirasa membutuhkan obat, konsultasikan dulu ke dokter,” ujarnya.

“Sehingga bisa dipertimbangkan untuk kasus anaknya, sebaiknya diberikan obat apa, berapa lama, atau bisa jadi enggak butuh obat sama sekali, kan?” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan menemukan obat sirup yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) di atas batas aman.

“Hasil sampling dan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai dengan 19 Oktober 2022, menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman pada 5 (lima) produk,” tulis dalam keterangannya, Kamis, 20 Oktober 2022, dilansir Suara.com.

juga menjelaskan terdapat 4 (empat) bahan tambahan yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol yang bukan merupakan bahan yang berbahaya.

Hingga saat ini menyampaikan jika penyelidikan masih terus dilakukan untuk melihat keterkaitan langsung kasus AKI dan senyawa EG yang terkandung dalam obat.

bersama Kementerian Kesehatan, pakar kefarmasian, pakar farmakologi klinis, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan pihak terkait lainnya meneliti secara komprehensif soal penyebab terjadinya gagal ginjal akut tersebut.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menemukan adanya tiga zat kimia berbahaya dari obat bentukan cair atau sirup, yang mengakibatkan pasien balita yang mengalami acute kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut.

“Kemenkes sudah meneliti bahwa pasien balita yang terkena acute kidney Injury (AKI) terdeteksi memiliki tiga zat kimia berbahaya (ethylene glycol-EG, diethylene glycol-DEG, ethylene glycol butyl ether-EGBE),” jelas Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis, Kamis, 20 Oktober 2022.

“Ketiga zat kimia ini merupakan impurities dari zat kimia ‘tidak berbahaya', polyethylene glycol, yang sering dipakai sebagai solubility enhancer di banyak obat-obatan jenis sirup,” sambungnya.

Kemenkes telah meneliti obat sirup yang dikonsumsi dan tersedia di rumah pasien balita yang mengalami gagal ginjal akut. Obat itu terbukti mengandung EF, DEG, EGBE, yang seharusnya tidak atau sangat sedikit kadarnya di dalam obat-obatan sirup tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here