Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorDekan FTS UIKA Bogor Jadi Juri Desain Lanskap Gerbang Kota Bogor

Dekan FTS UIKA Bogor Jadi Juri Desain Lanskap Gerbang Kota Bogor

Bogordaily.net – Dekan Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Dr. H. Muhammad Nanang Prayudyanto Ir. M.Sc, hadir sebagai Juri Desain Lanskap dalam event tahap 1 Sayembara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Sebelumnya diketahui, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, mengadakan sayembara desain, yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 52 orang yang berasal dari para dosen praktisi dari berbagai daerah antara lain Bandung, Bali, Bogor dan lampung.

Adapun beberapa juri berasal dari , Ipb, Unpak, Budayawan dan Arsitek Senior. Lalu, terpilih enam orang terbaik melalui sembilan kriteria mulai dari, orisonalitas, inovasi, lokalitas, futuristic, kekuatan struktur, dan keselarasan dalam lingkungan.

Hal ini dilakukan untuk mencari desain terbaik yang akan digunakan sebagai konsep lanskap gerbang masuk Kota Bogor.

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Kota Bogor, Irfan Zacky mengatakan, pihaknya tengah berencana membangun gerbang masuk di sejumlah titik perbatasan Kota Bogor.

Ia menyebut, tujuan dibangunnya gerbang masuk ini, nantinya akan menjadi dekorasi dan ikon baru kebanggaan masyarakat.

“Makanya dalam sayembara kita mensyaratkan harus ada unsur yang menjadi ciri khas Kota Bogor. Ada tiga lokasi yang dijadikan tempat uji coba dalam sayembara di antaranya Jalan Salabenda, Jalan Raya Bogir, dan Jalan Raya Tajur,” ujarnya.

Setelah dimulai pada akhir September lalu, ada sebanyak 52 desain berpartisipasi dalam sayembara tersebut.

Tak hanya dari Bogor, peserta sayembara juga datang dari kota dan kabupaten lain, seperti Lampung, Bali, Bandung, Makassar, Jawa Tengah, hingga Gorontalo.

Puluhan desain ini kemudian diseleksi secara ketat. Sebanyak enam desain terpilih dan masuk ke dalam tahap selanjutnya.

“Selanjutnya kami akan melakukan penjurian kembali pada akhir bulan Oktober. Desain yang terpilih itu nantinya bisa diimplementasikan ke semua titik perbatasan, sehingga saat masuk ke Kota Bogor dekorasi pintunya sama,” jelasnya.

Irfan menyebut ke depan, pihaknya akan membuat Detail Engineering Design (DED), namun dirinya belum dapat memastikan, kapan pembangunan gerbang masuk akan dimulai.

“Kami masih menunggu arahan selanjutnya dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Daerah. Jadi belum dapat dipastikan waktunya,” pungkasnya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here