Dianggap Sakral, Ini Mitos di Balik Keindahan Gunung Munara

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kisah Misteri · 1 Okt 2022 15:26 WIB

Dianggap Sakral, Ini Mitos di Balik Keindahan Gunung Munara


 Suasana Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net) Perbesar

Suasana Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Di balik keindahan Gunung Munara yang terletak di Kampung Sawah, Rumpin, Kabupaten Bogor, ternyata ada mitos yang cukup kental di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung.

Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

Kisah mitos yang seringkali terdengar dari gunung yang memiliki ketinggian 1119 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL), yaitu jejak kaki si Kabayan dan petilasan Sultan Hasanuddin Banten.

Penuturan Karnaen (43) warga yang tinggal tak jauh dari Gunung Munara itu menjelaskan bahwa, terdapat jejak kaki si Kabayan, yang mana merupakan tokoh dari Pasundan yang memiliki kecerdikan dan periang.

Suasana Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

“Dari dulu mah ya kata kuncen di gunung munara, ada kaya jejak si kabayan, tapi kalau mau nelusur mah jangan musim ujan gini, nanti sama kuncennya aja pas ga ujan,” ujarnya kepada Bogordaily.net, Kamis 29 September 2022.

Jejak kaki si Kabayan, dianggap sebagai sesuatu yang sakral oleh penduduk setempat. Terlepas dari benar atau tidak akan keaslian jejak telapak kaki tersebut, hal ini telah menjadi daya tarik Gunung Munara.

Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

Karnaen menambahkan, selain jejak kaki si kabayan, ada juga jejak tongkat Sultan Hasanuddin yang kemudian menjadi tempat sakral dan banyak dijadikan tempat bertapa oleh beberapa santri dari berbagai pesantren dan masyarakat lainnya.

“Ada juga kaya jejak tongkat kesultanan Banten. Tapi semua itu mah kembali lagi kepada diri kita ya kang, ya intinya mah jangan gegabah di mana pun berada, harus punteun (permisi) mau kemana mana,” jelasnya.

Gunung Munara, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor memiliki mitos yang diyakini sebagian masyarakat setempat. (Irfan/Bogordaily.net)

Penelusuran Bogordaily.net, Gunung Munara ini memang memiliki keheningan yang berbeda dari gunung lainnya yang ada di Kabupaten Bogor. Selain itu, banyak warga juga yang berjualan sepanjang jalur pendakian gunung tersebut.(Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Mistis Pendaki Gunung Kesasar ke Pasar Setan

8 Desember 2022 - 21:01 WIB

Kisah mistis pendaki gunung

Kisah Menyeramkan, Penampakan Koloni Pocong yang Melintas di Kali Boyong

7 Desember 2022 - 21:56 WIB

Pocong Kali Boyong

Misteri Gunung Kawi, Jadi Tempat Pesugihan

6 Desember 2022 - 16:01 WIB

Tempat Pesugihan

Mitos Gunung Semeru, Kisah Mbah Dipo hingga Ranu Kumbolo

5 Desember 2022 - 21:19 WIB

Ih Serem, 6 Tempat di dalam Rumah yang Disukai Makhluk Halus

3 Desember 2022 - 11:17 WIB

rumah makhluk halus

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Trending di Kisah Misteri