Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalDiganti Irjen Teddy Minahasa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta Dicopot

Diganti Irjen Teddy Minahasa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta Dicopot

Bogordaily.net–  yang menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) dicopot dan menduduki jabatan baru di Mabes Polri. diganti oleh yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam telegram yang dikeluarkan Mabes Polri, Senin 10 Oktober 2022, menduduki jabatan baru yakni Sahlisosbud Kapolri. Sedangkan Kapolda Sumbar kini dijabat Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya merupakan Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri. Selain itu, Brigjen Asep Suheri yang sebelumnya menjabat Dirtipidsiber Bareskrim Polri, kini menjabat Wakabareskrim Polri.

Begitu pula dengan jabatan Ditipidsiber Bareskrim Polri yang dijabat Kombes Adi Vivid Agustadi Bachtiar yang sebelumnya ditugaskan sebagai PD Setmilpres sebagai Ajudan Presiden.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi tersebut. Menurutnya, mutasi tersebut merupakan hal yang lumrah dalam tubuh Polri dalam meningkatkan kinerja organisasi.

“Mutasi adalah hal yang alamiah dalam organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ujar Dedi sebagaimana dilansir Suara.com, Senin, 10 Oktober 2022.

Sebelumnya, berbagai pihak mendesak agar dicopot, sebagai buntut terjadinya Tragedi Kanjuruhan. Salah satunya disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul bicara soal investigasi.

Menurutnya masih perlu dilakukan investigasi lebih mendalam untuk mencari tahu, apakah memang ada kesalahan yang nantinya mengarah kepada Nico terkait tragedi Kanjuruhan atau tidak.

“Investigasi lapangan yang menghasilkan apa. Temuan lapangannya menunjukkan apa. Itu kan dibentuk tim. Sama seperti kemarin tim Sambo, yang terlibat siapa saja,” kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2022 lalu.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan harus segera ada pihak yang bertanggung jawab dari tragedi Kanjuruhan. Salah satunya, Kapolda Jawa Timur .

Fadli menilai wajar apabila Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian mencopot Nico. Ia justru menyarankan hal itu segera dilakukan, sebagaimana desakan banyak pihak.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here