Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaDua WNI Tewas, Ini Kronologi Bus Jamaah Umrah yang Kecelakaan di Makkah

Dua WNI Tewas, Ini Kronologi Bus Jamaah Umrah yang Kecelakaan di Makkah

Bogordaily.net menimpa bus jamaah asal Indonesia di Makkah. Dua Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan meningal dunia pada Selasa, 25 Oktober 2022. Berikut kronologinya.

Direktur Badan Hukum Indonesia dan Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengatakan peristiwa itu merupakan kecelakaan tunggal yang terjadi di daerah Kholidiah, Makkah.

“Kecelakaan bus jamaah pada 25 Oktober. Terjadi kecelakaan tunggal bus yang membawa jemaah WNI kejadian jam 23.30 malam waktu setempat,” kata Judha saat konferensi pers di gedung Kemlu RI, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

Terpisah, Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, mengatakan kedua WNI yang tewas itu terdiri dari sopir bus dan muthawwif atau pembimbing ibadah.

Nasrullah menjelaskan bus membawa 50 jamaah Indonesia dan tidak ada jamaah yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Lima jamaah WNI mengalami luka ringan yang terdiri dari tiga jamaah perempuan dan dua laki-laki. Satu jamaah perempuan mengalami luka berat.

“Jamaah yang mengalami luka parah langsung dibawa ke ICU RS An-Nur Makkah. Kondisinya membaik dan diperkirakan besok sudah bisa keluar dari rumah sakit. Semoga bisa segera ,” jelasnya.

Jamaah yang selamat dan mengalami luka ringan, kata Nasrullah saat itu dapat melanjutkan perjalanan menuju hotel mereka di Makkah. Sebanyak 49 jamaah ini juga sudah melaksanakan .

Rombongan 50 jamaah ini kata dia berangkat melalui Travel Mubina (Muasasah Abu Sarhad) dan mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah pada Selasa sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Sekitar pukul 21.00 waktu setempat, mereka diberangkatkan dari bandara King Abdulaziz Jeddah menuju Makkah.

“Rencananya akan tinggal di Makkah sampai 3 November 2022. Setelah itu, mereka akan ziarah ke Kota Madinah,” ungkapnya.

Setelah empat hari di Madinah, jamaah rencananya pulang ke Indonesia pada 8 November 2022.

Sebelumnya diberitakan Kecelakaan terjadi di Makkah. Sebuah bus yang mengangkut jamaah umrah asal Indonesia mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan dari Jeddah ke Makkah. Akibatnya seorang sopir bus dan pembimbing ibadah atau muthawif meninggal dunia.

Kedua orang yang meninggal itu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi. Kecelakaan tersebut terjadi di daerah Kholidiah, Makkah.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here