Wednesday, 1 May 2024
HomePolitikElektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi dari Hasil Survei, PPP Beri Kode Ini

Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi dari Hasil Survei, PPP Beri Kode Ini

Bogordaily.net – Litbang Kompas kembali merilis hasil survei calon presiden di Pilpres 2024. Ganjar Pranowo memiliki tingkat capres di urutan pertama. PPP mengaku akan mengusung Capres dengan tinggi.

Hasil survei menyatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meningkat.

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengaku sedang melakukan perhitungan politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya soal mencari calon presiden (capres) yang bisa menaikkan tingkat partai.

“Kalau kita ingin mendapat efek elektoral atau dari para tokoh capres, maka tentu kami pilih tokoh yang memiliki () survei tertinggi. Sebab, ini merupakan pilihan yang paling rasional,” kata Mardiono dalam keterangan tertulis, dikutip dari detik.com, Rabu, 26 Oktober 2022.

Mardiono menyebut saat ini PPP tidak mau mengambil keputusan yang terburu-buru soal capres. Pasalnya, menurutnya pilihan capres merupakan sebuah hal besar untuk membangun bangsa.

Ia menyebut hingga saat ini PPP masih terus merangkum suara arus bawah terkait nama capres.

“Kita sedang merangkum suara arus bawah. Nanti di partai ada mekanismenya sebelum dibawa ke KIB,” ujar Mardiono.

Adapun PPP di berbagai wilayah sudah mulai menguat satu nama tokoh capres yang dinilai punya survei tertinggi, yaitu Ganjar Pranowo.

Sekedar informasi, litbang Kompas merilis survei terbaru terkait calon presiden (capres) 2024. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus menanjak, sementara Prabowo Subianto mengalami penurunan.

Survei Litbang Kompas ini diselenggarakan pada jangka waktu 24 September-7 Oktober 2022. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka ini dengan total 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

Adapun penarikan sampel diambil secara acak sederhana. Tingkat kepercayaan survei tersebut 95 persen dan margin of error penelitian 2,8 persen.

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan di atas 10% dan di bawah 10%. Kategori di atas 10% masih diduduki Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan.

Namun, jika dibandingkan dengan survei sebelumnya pada Juni 2022, Prabowo mengalami penurunan. Sementara tren Ganjar naik tipis.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here