Monday, 29 April 2024
HomeKulinerEs Pala Kang Didi, Minuman Legendaris Sejak 1970

Es Pala Kang Didi, Minuman Legendaris Sejak 1970

Bogordaily.net–  Kota Bogor dikenal salah satu daerah surganya kuliner. Beraneka macam makanan dan minuman dijajakan penjual di antaranya di wilayah Suryakencana, Gang Aut, dan Pasar Padasuka, Kota Bogor. Salah satunya es yang cukup legendaris di Kota Bogor yakni .

Ya, merupakan minuman dengan buah pala yang rasanya asam manis. Pada umumnya es ini sering dibuat manisan dan banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Bogor. Bertempat di Jalan Padasuka Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Kang Didi menjual tersebut sudah turun menurun.

, salah satu kuliner legendaris di Kota Bogor.(Hadi/Bogordaily.net)

Didi mengatakan usaha tersebut mulanya dijalankan oleh orang tuanya yang sudah meninggal.

“Saya meneruskan usaha ini sudah turun menurun, dan ini sangat melegenda bahkan Pemerintah Kota Bogor juga menganggap minuman ini sebagai minuman Khas Bogor,” tuturnya.

Ternyata ada khasiat khusus yang terkandung dalam buah pala ini. Selain untuk menjaga stamina tubuh, juga berkhasiat bagi kesehatan. Menurut Didi, para penikmat masih banyak dan itulah yang membuat Didi bertahan melestarikan minuman yang melegenda ini.

Para penikmat berdatangan dari berbagi wilayah. Bukan hanya Bogor, bahkan menurutnya ada warga Jakarta yang sengaja datang ke Bogor hanya untuk membeli buatannya.

Dalam penyajiannya, es pala diiris tipis dan direndam pada toples berisi air gula kemudian disajikan dengan campuran pecahan es batu, dan tentunya begitu menyegarkan. Es Pala dijual per gelas dengan harga Rp8 ribu. (Hadi Mulya Kurniawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here