Friday, 19 April 2024
HomeBeritaGantikan Liz Truss, Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Gantikan Liz Truss, Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Bogordaily.net–  bersiap punya Perdana Menteri (PM) baru. Itu setelah memilih mengundurkan diri pekan lalu. Penggantinya, yang merupakan mantan Menteri Keuangan era Boris Johnson.

Dilansir CNN Indonesia Rishi Sunak dipastikan meraih posisi setelah satu-satunya rival, Penny Mordaunt, mengundurkan diri dari pencalonan.

Meski mundur, Mordaunt tetap akan memberikan dukungan penuh kepada Sunak untuk memimpin pemerintahan ke depan.

Sebelumnya, eks yang sempat mengajukan diri dalam pencalonan PM di Partai Konservatif , Boris Johnson, juga mengundurkan diri.

Dilansir dari Reuters, Boris Johnson mengklaim telah mendapat dukungan dari 102 anggota parlemen. Namun, dia gagal membujuk dua pesaingnya yakni Rishi Sunak dan Penny Mordaunt untuk bersatu ‘demi kepentingan nasional'.

“Oleh karena itu saya khawatir hal terbaik adalah saya tak melanjutkan pencalonan diri saya, dan memberi dukungan saya kepada siapa pun yang berhasil [jadi PM],” kata Boris Johnson dalam pernyataannya, Minggu, 23 Oktober 2022 malam.

Sebelumnya diberitakan setelah menjabat 45 hari, , mundur pada Kamis, 20 Oktober 2022. Ia menjadi PM dengan jabatan paling kilat dalam sejarah.

Salah satu alasan Truss mundur karena banyak pihak yang menuntutnya lengser, termasuk orang dalam kabinetnya sendiri.

“Saya tidak bisa meneruskan mandat yang membuat saya dipilih oleh Partai Konservatif,” kata Truss saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Keputusannya mundur dilakukan Truss di tengah desakan publik karena berbagai krisis yang masih terus mencekik setelah ia berkuasa.

Ia pun meminta maaf atas kesalahan kebijakannya yang menyebabkan banyak investor kabur sehingga krisis ekonomi kian buruk di tengah ancaman resesi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here