Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorGuiding Block di Jalan RE Abdullah, Menyesatkan Penyandang Tunanetra

Guiding Block di Jalan RE Abdullah, Menyesatkan Penyandang Tunanetra

Bogordaily.net jalur khusus penyandang disabilitas atau guiding block di RE Abdullah, Bogor Barat, Kota Bogor, nampak tidak layak dilalui oleh para penyandang disabilitas salah satunya penyandang tunanetra.

Jika sedang berjalan- di trotoar atau beberapa tempat umum lainnya, apakah teman-teman pernah memperhatikan garis kuning dengan pola-pola unik seperti titik dan garis? Ternyata, garis kuning tersebut bukan hanya hiasan! Itu namanya guiding block.

yang ramah bagi penyandang tuna netra. Namun, beredar video yang direkam oleh salah seorang warga yang melintas, memperlihatkan seorang pria penyandang tunanetra sedang menggunakan tongkat, sembari menyusuri guiding block di RE Abdullah nampak kesulitan.

Pasalnya, terlihat jelas di video beberapa guiding block sudah mengalami kerusakan sehingga menyulitkan para disabilitas yang berjalan di area tersebut.

Dengan adanya kerusakan tersebut, apakah guiding block masih disebut sebagai yang ramah bagi penyandang tunanetra?

Untuk saat ini, belum diketahui betul, faktor kerusakan jalur difabel tersebut.

Sekedar informasi, penggunaan guiding block tertera pada peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan
Merujuk aturan tersebut merupakan untuk memandu penyandang disabilitas, terutama bagi tunanetra.

Banyak juga warga tidak tahu mengenai garis warna kuning tersebut, mereka beranggapan bahwa itu sekedar variasi trotoar saja. Padahal garis tersebut disediakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebagai penanda arah sekaligus pemandu bagi para penyandang disabilitas mencapai tujuan.

Corak atau motif ubin guiding block; bergaris lurus dan bulat-bulat. Fungsinya sama sebagai pemandu, hanya bahannya ada yang dari batu alam atau keramik.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here