Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiHarga Kedelai Naik, Perajin Tempe di Bogor Menjerit

Harga Kedelai Naik, Perajin Tempe di Bogor Menjerit

Bogordaily.net– Harga kacang kedelai terus mengalami kenaikan. Sepekan ini saja harga kacang kedelai sebelumnya Rp10 ribu per kilogramnya sudah naik mencapai Rp13.200 per kilogramnya. Di Bogor para perajin mengeluhkan kenaikan . Salah satunya perajin di Gang , Desa Parung, Kecamatan Parung, .

Salah satunya Tamar, perajin di Bogor yang sudah puluhan tahun usaha melakukan produksi mengaku pasrah dan rasanya ingin menjerit lantaran sebagai bahan baku tempe kini terus mengalami kenaikan. Bahkan tidak tanggung-tanggung naiknya mencapai Rp3.200 per kilogramnya.

“Kalau kacang kedelai naik otomatis tukang tempe tukang tahu menjerit semuanya karena harganya melambung tinggi. Dari Rp 10 ribu sekarang sudah hampir seminggu ini per kilogramnya Rp13.200. Hari ini naiknya Rp3.200 per kilogramnya,” kata Tamar kepada wartawan.

Ia menjelaskan, kacang kedelai sampai sekarang belum turun dan malah terus naik. Sementara untuk tetap produksi pengrajin tempe mengakalinya di antaranya mengurangi produksi dan memperkecil ukuran tempe dan menaikan sedikit harga tempe.

“Naik gak seberapa yang tadinya per potong Rp1.500 sekarang per potong Rp2.000, dan yang biasanya Rp6.000 sekarang jadi Rp8.000 per potong,” jelasnya.

Sementara itu untuk jumlah produksi sebelum naik kata dia biasanya 3 kwintal tetapi setelah naik malah turun jadi kwintal.

“Untuk bahan itu biasanya ada yang kirim namun itu juga dikurangi belinya,” katanya.

Dengan tingginya ia mengaku berpengaruh pada keuntungan yang didapat. Nah, agar tidak ada pekerja yang dirumahkan, maka terpaksa mereka mengatur jam kerja secara bergantian.

“Bergantian yang kerja satu hari masuk satu hari gak. Biasanya masuk semua karena tingginya harus diatur agar bisa bayar pekerja,” jelasnya lagi.

Terkait dengan tingginya kedelai saat ini lanjut Tamar, belum ada aksi terkait mogok atau tidaknya dengan naiknya harga kacang kedelai.(Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here