Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaHarus Coba, 4 Buah Bantu Kontrol Gula Darah

Harus Coba, 4 Buah Bantu Kontrol Gula Darah

Bogordaily.net – Banyak ahli kesehatan menyebut pola makan adalah bagian paling penting kontrol kadar gula darah bagi penderita prediabetes, , gula rendah atau kondisi lain.

Untuk mengontrol gula darah, Anda disarankan untuk menggonsumsi -buahan.

Seperti dilansir dari laman Health Line, Rabu 19 Oktober 2022, berikut ini -buahan yang bisa kontrol kadar gula darah:

1. Alpukat

Selain lembut dan rasanya lezat, alpukat dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah.

ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian telah menemukan, bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

2. Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari .

Meskipun konsumsi total telah terbukti menurunkan risiko , makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko terkena .

Sebuah studi menguji 187 ribu orang menemukan, bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko tipe 2 yang jauh lebih rendah.

3. Berries

Sejumlah penelitian mengatakan, asupan berry baik untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Buah berry sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, bahwa makan dua cangkir atau setara 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan, dapat mengurangi insulin pasca makan dan gula darah pada orang dewasa dengan prediabetes.

Selain itu penelitian lainnya menunjukkan, bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah, dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

4. Jeruk

Salah satu penelitian menunjukkan, bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lainnya, seperti semangka dan nanas.

Makan buah jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi dari perkembangan .***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here