Monday, 29 April 2024
HomeBeritaHeboh Wabah Baru di India, Namanya Superbug

Heboh Wabah Baru di India, Namanya Superbug

Bogordaily.net–  geger. Negara ini dilaporkan diserang wabah penyakit baru. Namanya Superbag. Infeksi penyakit baru pertama kali dilaporkan oleh dokter di Rumah Sakit Kasturba, negara bagian Maharashtra, barat.

Dilansir dari CNN Indonesia di RS Kasturba, sudah ada 1.000 tempat tidur yang terisi akibat .

merujuk ke infeksi kuman super, bakteri dan jamur, yang resisten terhadap obat, termasuk antibiotik umum. Padahal antibiotik umum, dianggap sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi parah.

Riset Medis Dewan (ICMR) melaporkan terkait daya tahan antimikroba (AMR), fenomena ini salah satunya disebabkan oleh penyalahgunaan antibiotik yang merajalela.

Resistensi antibiotik di meningkat hingga 10 persen dan fenomena ini telah diwanti-wanti ilmuwan dan ahli medis karena dapat memicu bencana penyakit jika tidak diantisipasi.

“Level daya tahan meningkat ke lima ke sepuluh persen setiap tahun dalam spektrum luas antimikroba, yang seringkali disalahgunakan,” ujar peneliti laporan ICMR, Kamini Walia, dikutip dari Telegraph.

Menurut peneliti  daya tahan terhadap antibiotik memiliki potensi berubah menjadi pandemi di masa depan jika kebijakan untuk mengatasinya tak dilakukan dengan cepat.

Diberitakan Telegraph, dalam laporan tersebut, diketahui hanya 43 persen infeksi pneumonia di dapat diobati menggunakan antibiotik lini pertama pada 2021. Angka tersebut menurun dari 65 persen pada 2016.

Tak hanya itu, infeksi tuberkulosis (TBC) meningkat hingga 19 persen pada 2021. Sebagian besar disebabkan karena infeksi yang timbul akibat daya tahan pada beberapa obat.

Pada 2031, diprediksi tak mampu merawat 85 persen kasus TBC di negara dengan obat-obatan biasa.

“Infeksi bakteri merupakan pembunuh terbesar pada awal abad 20-an, dan kita berisiko kembali ke masa tersebut, di mana tak ada antibiotik yang efektif dan infeksi dapat menyebar luas,” kata direktur lembaga think-tank kesehatan masyarakat One Health Trust, Ramanan Laxminarayan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here