Friday, 29 March 2024
HomeNasionalHey Mom, Ini 8 Trik Mudah Menumbuhkan Kegemaran Membaca Buku Pada Anak

Hey Mom, Ini 8 Trik Mudah Menumbuhkan Kegemaran Membaca Buku Pada Anak

Bogordaily.net – Menumbuhkan kegemaran membaca pada tidak lah mudah. Apalagi saat ini banyak bermunculan gadget dengan berbagai permainan yang menarik.

Sudah banyak ahli yang mengatakan bahwa membaca sangat baik untuk perkembangan otak . Sayangnya, kebanyakan tidak menyukai aktivitas ini karena dirasa membosankan.

Berikut ini sejumlah menumbuhkan kegemaran membaca pada yang bisa orang tua lakukan sejak dini. Yuk, simak sampai akhir.

1. Mulai Sejak Dini

Bahkan jika si Kecil masih usia bayi, mereka dapat melihat gambar dan mendengar suara orang tuanya. Bacakan buku cerita dengan lantang dan tunjukkan gambar buku pada . Hal ini akan memberi pemahaman tentang dunia dan menambah kosakata bahasa.

2. Jadi Contoh Bagi

Tahukah kamu bahwa cenderung meniru kebiasaan orang tuanya? Dengan cara ini, kamu bisa membangun rasa suka membaca pada anak. Ajak anak untuk membaca bersama-sama dan jadikan aktivitas ini rutin dilakukan agar anak merasa membaca adalah kegiatan yang penting

3. Jadikan Rutinitas

Lakukan aktivitas membaca bersama anak dengan konsisten, lebih baik jika dilakukan sebagai aktivitas pengantar tidur bisa jadi cara membuat anak hobi baca.

Pastikan suasana kamar lebih rileks dan bacakan isi buku pada anak dengan jelas. Anak akan menghubungkan buku dengan suara orang tuanya yang familiar, yang mebantu menghubungkan hubungan postif antara anak dengan buku.

4. Baca Berbagai Varian Buku

Cobalah untuk memvariasikan buku yang dibacakan untuk anak sebanyak mungkin. Ini akan membuka mata mereka ke berbagai dunia, budaya, dan karakter yang berbeda, yang memungkinkan imajinasi mereka berkembang.

5. Hargai Selera Buku Anak

Sama halnya seperti makanan, anak punya preferensi buku yang ia sukai. Dorong anak untuk mengekspresikan apa yang mereka suka dari buku yang dibaca, lalu perbanyak jenis buku yang disukai oleh anak.

6. Ajak Berdiskusi

Setelah selesai membaca buku dengan anak, ajak anak berdiskusi mengenai cerita yang disampaikan. Pertanyaan yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia anak. Misal siapa karakter favoritnya, kenapa karakter bahagia di akhir cerita, dsb.

7. Pilih Buku Berseri

Memilih seri buku populer mungkin lebih disukai anak-anak, karena membantu anak memahami karakter dan tema dalam buku berikutnya sehingga lebih mudah dipahami.

8. Sabar

agar anak rajin membaca yang terakhir adalah sabar. Saat anak mengucapkan kata yang belum dikenalnya, berikan waktu padanya dan beri pujian sesudahnya.

Ulangi kalimatnya bersama-sama hingga anak mengerti, dan usahakan untuk tidak memaksanya untuk bisa lebih cepat. Umumnya, orang tua yang tidak sabar membuat anak merasa tertekan dan jadi membenci aktivitas ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here