Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorInovasi Baru! Puluhan Pelanggar Dihukum Baca Isi Sumpah Pemuda dan Pancasila

Inovasi Baru! Puluhan Pelanggar Dihukum Baca Isi Sumpah Pemuda dan Pancasila

Bogordaily.net – Puluhan yang melintas di area depan Cibinong City Mall tepatnya di Pos Lantas 10 B, Kabupaten Bogor diberikan penindakan secara humanis yakni membaca oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, pada Jum'at, 28 Oktober 2022.

Bersamaan dengan Hari Sumpah Satlantas Polres Bogor pun menindak dengan membacakan atau Pancasila. Para tersebut diberikan pembinaan secara humanis agar tidak mengulanginya.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, tidak ada tilang manual. Polres Bogor sendiri akan melakukan penindakan dan pembinaan sesuai arahan Kapolri yakni melakukan dengan tindakan yang humanis.

“Karena memang langkah-langkah atau yang jadi cara kami itu macam ragamnya. Tempo hari masyarakat diminta membaca kitab suci masing-masing. Hari ini kami menggunakan instrumen penindakan seperti ini untuk membaca yang berkaitan dengan kebangsaan. Semua kami lakukan agar masyarakat tahu juga kesalahannya,” jelas AKP Dicky Anggi Pranata saat memberikan penjelasan.

Dalam penilangan lalu lintas pada sore ini rata-rata tidak menggunakan helm dan setelah di cek oleh pihak kepolisian diketahui banyak yang tidak memegang surat kendaraan secara lengkap.

“Rata-rata tidak menggunakan helm, setelah dicek juga tidak ada surat-surat kendaraan, ungkap Dicky.

Selain itu, yang diberikan hukuman secara humanis oleh Satlantas Polres Bogor mengungkapkan bahwasanya penilangan seperti ini baik untuk menindak para .

“Lebih bagus karena dapat memberikan kesempatan kedua untuk yang ditilang agar bisa lebih mikir kesalahannya dan tidak perlu membayar denda,” ucap salah satu lalu lintas yang diberikan sanksi humanis oleh Satlantas Polres Bogor.*

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here