Sunday, 12 May 2024
HomeHiburanJangan Anggap Remeh, Ini 7 Ekspresi Wajah yang Memicu Keriput Dini

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Ekspresi Wajah yang Memicu Keriput Dini

Bogordaily.net dan kerutan pada wajah menjadi momok banyak orang, khususnya kaum hawa. Kulit yang berkerut dan tidak kencang dinilai mengurangi kecantikan mereka. Ada banyak penyebab muncul lebih dini, salah satunya bentuk eskpresi wajah.

Seringkali orang salah mengira usia orang lain karena munculnya yang lebih dini dibanding dengan usianya. biasanya muncul akibat proses penuaan yang membuat tubuh lebih lambat memperbaharui sel-sel kulit.

Berikut bentuk ekspresi wajah yang dapat memicu muncul lebih dini.

1. Cemberut

Siapa yang suka ngambek dan cemberut kalau ada hal yang tidak disukai? Hati-hati, terlalu sering cemberut pun bisa membuat wajahmu cepat .

Dikutip Everydayhealth.com, Jessica Wu yang merupakan seorang profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran University of Southern California mengatakan kemarahan membuat otot-otot wajah tegang. Seiring waktu, hal itu menimbulkan garis-garis kerutan pada wajahmu.

2. Sering menaikan alis

Terkadang jika orang sedang malas menyapa balik maka ia hanya akan sekadar menaikkan alis. Ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan pada area dahi lho.

Dikutip Facecliniclondon.com, dahi disebabkan oleh aksi otot frontalis di dahi. Otot ini berkontraksi saat kita mengangkat alis. Peningkatan otot frontalis menarik kulit dahi ke atas dan menyebabkan kerutan dahi yang muncul sebagai garis-garis di dahi kita.

3. Menangis

Seperti halnya cemberut, menangis juga sangat membebani wajah dan dapat menyebabkan kerutan karena alis yang berkerut berulang-ulang. Dokter Wu juga mengatakan penelitian sekarang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki efek yang kuat pada kulit.

4. Ekspresi marah

Ketika seseorang sedang marah maka tanpa disadari akan menimbulkan garis di dahi. Jika ia sering marah-marah, maka garis yang muncul di dahi akan semakin dalam dan permanen yang membuat seseorang terlihat lebih tua karena munculnya dini.

5. Menyipitkan mata

Ketika dihadapkan pada ruangan yang terlalu terang atau banyak sinar matahari, maka seseorang akan menyipitkan matanya. Kondisi ini melibatkan kontraksi dari otot-otot yang ada di dahi sehingga memicu .

Selain ekspresi wajah, beberapa hal lain juga turut menjadi pemicu munculnya keriput lebih cepat seperti merokok (mengurangi perkembangan dari kolagen baru) serta terkena sinar matahari kronis akibat tidak menggunakan pelindung sinar UV.

6. Manyun

Beberapa tahun lalu sempat muncul tren duck face yang mengekspresikan wajah manyun layaknya bebek. Hal itu bisa menyebabkan kerutan lho karena otot sekitaran bibir berkontraksi cukup kuat.

Dikutip Nowcosmetic.co.uk, merokok pun membuat bibir berpose manyun yang tentunya dapat menciptakan kerutan sekitar mulut.

7. Senyum

Beberapa bintang dunia seperti Kim Kardashian dan Victoria Beckham sempat secara tersirat menyebut mereka jarang tersenyum untuk menghindari kerutan. Ternyata hal itu benar adanya.

Dilansir Goodhousekeeping.com, Mona Gohara, M.D. seorang profesor dermatologi klinis di Yale University mengatakan tersenyum dapat memberi kerutan pada wajah. Saat kamu berulang kali menggunakan otot-otot wajah untuk tersenyum kamu pasti akan mulai memperhatikan beberapa garis yang muncul di sekitaran wajah.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here