Friday, 19 April 2024
HomeHiburanJangan Bingung, Kenali 4 Tipe Overthinking dan Cara Mengatasinya

Jangan Bingung, Kenali 4 Tipe Overthinking dan Cara Mengatasinya

Bogordaily.net – Pola pikir yang membuat kita memikirkan segala hal secara berlebihan hanya akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan pikiran dan mental kita. Untuk itu, kita harus bisa mengatasi berbagai tipe overthinking dengan baik dan tepat.

Overthinking tidak hanya dapat menyebabkan kita kelelahan, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas serta produktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa tipe overthinking yang harus kamu ketahui agar kamu bisa mengatasinya dengan tepat:

1. Cemas pada masa depan

Salah satu tipe overthinking yang mungkin paling sering kita alami adalah perasaan khawatir dan takut akan masa depan. Kita terlalu jauh berpikir tentang hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi. Padahal, belum tentu demikian.

Cara mengatasinya adalah dengan membuat planning atau perencanaan yang jelas tentang masa depan.

2. Menebak isi pikiran orang

Tipe overthinking kedua adalah ketika kita berusaha menebak isi pikiran orang lain. Kita jadi menduga-duga kira-kira bagaimana tanggapan atau kesan orang lain terhadap diri kita. Hal ini dapat memicu kita menjadi takut mengemukakan pendapat atau menunjukkan diri kita.

Cara mengatasi hal ini bisa dengan bersikap percaya diri, serta tidak membiarkan asumsi tidak jelas tetap bersarang di pikiran kita.

3. Terjebak pada masa lalu

Selain khawatir akan masa depan, terkadang kenangan masa lalu juga dapat membuat kita jadi overthinking. Kita terus-menerus menyesali dan menyayangkan apa yang telah terjadi di masa lalu. Padahal, hal itu tidak akan bisa mengubah apa yang telah terjadi.

Lebih baik kita fokus pada apa yang ada sekarang. Hiduplah di masa kini, jangan terlalu menghabiskan waktu untuk mengenang masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

4. Kesulitan mengambil keputusan

Ada tipe orang yang overthinking ketika disuruh untuk mengambil sebuah keputusan. Ia merasa terbebani, takut, serta ragu saat dihadapkan pada berbagai pilihan.

Karena tidak ingin menyesal di masa depan, seseorang jadi berlarut-larut dalam mempertimbangkan sesuatu. Solusinya, kita bisa mulai dengan mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Hal apa saja yang menjadi ketakutan terbesar kita, lalu kita cari tahu bagaimana cara mengatasinya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here