Tuesday, 7 May 2024
HomeHiburanJangan Mau Menang Sendiri, Ini Cara Mengontrol Ego

Jangan Mau Menang Sendiri, Ini Cara Mengontrol Ego

Bogordaily.net – Memiliki ego yang tinggi itu tidak baik. Sebisa mungkin sikap tersebut harus diubah. Dilansir dari wikipedia, definisi ego yakni struktur psikis yang berhubungan dengan konsep tentang diri, diatur oleh prinsip realitas dan ditandai oleh kemampuan untuk mentoleransi frustrasi.

Seseorang yang terkadang menjadi sulit untuk diatasi karena selalu ingin menang sendiri, hanya ingin pendapatnya lah yang harus diyakini dan dijalankan. Maunya menang sendiri.

Jika kamu punya rasa , dan kamu ingin merubahnya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut penjelasannya:

1. Jangan mudah tersinggung

Orang yang cenderung akan mudah tersinggung saat ada yang mengusik dia, bahkan jika itu hanya sebuah candaan. Memang sih, siapa sih yang tak tersinggung disaat ada yang menjelek-jelekkan kita.

Tapi, perlahan tapi pasti kita bisa mengurangi hal tersebut. Karena gak ada gunanya juga, intinya kamu fokus terhadap diri sendiri dan jangan dengarkan perkataan orang lain. Jadilah yang terbaik dengan versimu sendiri.

2. Menang di setiap saat itu tidak terlalu dibutuhkan

Sikap ego tentu tidak lepas dari rasa ingin menang disetiap keadaan. Meskipun apa yang diutarakan itu salah.

Tapi, coba pikirkan untuk apa sih kita menang itu. Apa hanya kepuasan diri, gila kehormatan, atau lain-lain. Karena gak ada manfaatnya juga kalau kamu suka dan hanya ingin menang sendiri.

3. Tahu kapan saatnya untuk berhenti

Yap, ini penting nih. Kamu harus tahu kapan saatnya untuk berhenti untuk . Ya, karena itu gak ada manfaatnya juga buat kamu.

Ingat ya, tidak akan membuatmu hebat dimata orang lain, justru orang lain akan menjadi tidak suka dengan kamu karena sikap kamu itu.

4. Jangan merasa superior

Superior atau merasa lebih segalanya dari orang lain (merasa dirinya lebih hebat dari orang lain). Ini nih penyakit yang perlu dihilangkan dari orang yang .

Apa kamu merasa hebat, pintar, kuat? diluar sana masih banyak yang lebih dari kamu. Tidak ada yang hebat di muka bumi ini, karena hanya Allah lah yang maha Hebat.

Rendah hatilah disaat memiliki kelebihan, karena itu akan membuatmu menjadi orang yang lebih bijaksana.

5. Tidak selamanya kamu itu benar

Ya, tidak semua apa yang kamu sampaikan dan apa yang kamu pertahankan itu benar. Karena, kita hanyalah manusia biasa yang terkadang bisa berbuat salah dan benar.

Tapi, kita harus bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita buat untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here