Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

Bogordaily.net – Jika sering menahan maka akan ada efek samping yang bisa kamu terima. Tentu saja efek samping ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Merangkum dari Medical News Today, berikut adalah lima efek samping menahan bagi kesehatan :

1. Nyeri

Orang yang secara teratur menahan untuk kemungkinan akan merasakan nyeri atau ketidaknyamanan pada kandung kemih atau ginjal.

Ketika seseorang akhirnya mencapai kamar mandi, juga bisa terasa sakit. Otot-otot yang kamu miliki juga mungkin tetap sebagian mengepal setelah pengeluaran urin, yang dapat menyebabkan kram panggul.

Tentu saja itu akan menggangu aktivitas kamu dalam sehari-hari dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

2. Infeksi Saluran Kemih

Dalam beberapa kasus, menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Banyak dokter menyarankan untuk menghindari menahan untuk waktu yang lama, karena dapat meningkatkan risikonya, terutama jika seseorang memiliki riwayat penyakit itu sebelumnya.

Orang yang tidak minum cukup cairan lebih mungkin terkena infeksi saluran kemih, karena kandung kemih tidak memberi tahu tubuh untuk cukup sering . Hal ini dapat menyebabkan bakteri menyebar melalui saluran kemih, yang menyebabkan infeksi.

3. Peregangan Saluran Kemih

Dalam jangka panjang, menahan kencing secara teratur dapat menyebabkan kandung kemih meregang. Ini mungkin membuat kandung kemih sulit atau tidak mungkin untuk berkontraksi dan mengeluarkan kencing secara normal.

Jika seseorang memiliki kandung kemih yang meregang, tindakan ekstra perlu untuk dilakukan.

4. Kerusakan Otot Dasar Panggul

Sering menahan urin dapat membahayakan otot-otot dasar panggul. Salah satu otot ini adalah sfingter uretra, yang menjaga uretra tetap tertutup untuk mencegah urin bocor keluar. Merusak otot ini bisa menyebabkan inkontinensia urin.

5. Batu Ginjal

Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada orang dengan riwayat kondisi tersebut atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urinnya. Kencing sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat.

Batu ginjal muncul karena limbah yang berada di dalam darah membentuk kristal dan menumpuk di bagian ginjal.

Zat kimia yang bisa membentuk batu dan menyumbat saluran ginjal adalah asam oksalat dan kalsium. Seiring berjalannya waktu, kedua zat tersebut bisa semakin keras hingga seperti batu.

Itulah lima efek samping menahan bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk lebih mendapatkan pola hidup yang sehat.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here