Jarang Disadari, Ini Tanda-Tanda Anda Sedang Kelelahan!

Menu

Mode Gelap
Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia Ramalan Cuaca Kota Bogor Hari Ini, Rabu 7 November 2022

Kesehatan · 3 Okt 2022 08:54 WIB

Jarang Disadari, Ini Tanda-Tanda Anda Sedang Kelelahan!


 Ilustrasi lelah. (Freepik/Yanalya/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi lelah. (Freepik/Yanalya/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Kelelahan disebabkan karena fisik dan mental yang dipaksa untuk bekerja secara terus menerus dan tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Namun, tidak banyak orang yang sadar saat kondisi tubuh sudah pada fase kelelahan. Akibatnya, kondisi fisik mereka melemah dan jatuh sakit. Nah, agar tubuh selalu dalam keadaan fit dan terhindar dari berbagai penyakit di tengah aktivitas yang padat, yuk kenali tanda-tanda kelelahan seperti dikutip Yoursay.id Suara.com dari ceritakesehatan berikut ini:

Sulit tidur dan keram kaki

Tanda-tanda kelelahan pertama yakni sulit tidur dan keram kaki. Jika mengalami hal ini, berarti tubuh Anda membutuhkan magnesium dan potasium. Kedua nutrisi ini sangat penting bagi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut , biasakan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung magnesium seperti tomat, jeruk, pisang, dan bayam.

Kulit kering

Kelelahan juga dapat mempengaruhi kondisi kulit yang tidak sehat seperti, kulit kering. Kulit kering bisa menandakan anda kekurangan vitamin E. Sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi lebih banyak sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan perbanyak minum air putih.

Ingin mengunyah makanan dan minuman yang manis

Pernahkah Anda tiba-tiba ingin sekali makan atau minum yang manis? Jika iya, bisa jadi Anda sedang mengalami stres, depresi atau kelelahan. Saat mengalami stres atau kelelahan tubuh otomatis mengirimkan sinyal bahwa anda membutuhkan glukosa. untuk memenuhi asupan gula tetapi tetap menghindari kenaikan berat badan, Anda bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi dark chocolate atau madu.

Keinginan untuk memakan atau mengunyah es

Hasrat untuk memakan atau mengunyah es dapat terjadi jika tubuh Anda mengalami anemia dan kekurangan zat bisa. Segeralah konsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi terbaik seperti daging sapi, telur, atau sayuran berwarna hijau tua. Namun, jika Anda terlalu sering melakukan kebiasann mengunyah es batu, Anda perlu waspada. Sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Gusi berdarah dan kuku menjadi rapuh

Pendarahan pada gusi secara mendadak atau saat sedang menyikat gigi adalah tanda adanya kekurangan vitamin C. Selain itu, kekurangan vitamin C juga dapat membuat  kuku menjadi rapuh. Saat tubuh kekurangan vitamin C pastinya anda akan muda lelah. untuk itu, Anda dapat memberi asupan vitamin C dengan mengkonsumsi makanan seperti paprika, tomat, jeruk, stroberi, dan brokoli.

Rambut rontok dan patah

Tanda pada poin ke-6 ini mungkin yang paling banyak dialami dan mudah dikenali. Saat kondisi tubuh anda sedang lelah dan stres rambut akan mudah sekali rontok. Hal ini memang sangat wajar terjadi. Namun, apabila rambut rontok yang kamu alami berlebihan, kamu perlu mewaspadainya.

Terdapat cincin di sekitar iris mata

Jika Anda perhatikan pada mata orang berusia diatas 50 tahun, terlihat seperti ada lingkaran atau cincin di sekitar iris mata mereka, hal itu normal. Namun, jika muncul pada orang yang lebih muda, maka itu pertanda kada kolesterol pada orang tersebut tinggi. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Waspada! Kesemutan Saat Olahraga, Ini Penyebabnya   

7 Desember 2022 - 22:51 WIB

Bulan Peduli Kanker Payudara Kota Bogor

7 Desember 2022 - 15:15 WIB

6 Paket Vaksinasi Tubuh di RS BSH, Berikut Daftar Harganya

7 Desember 2022 - 10:38 WIB

Vaksinasi Tubuh

Treatment RF Basic Body Slim, Cara Langsing Tanpa Operasi Plastik

7 Desember 2022 - 08:27 WIB

Langsing Tanpa Operasi Plastik

Deretan Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Daya Tahan Tubuh

6 Desember 2022 - 23:59 WIB

Jaga Diri, 3 Jenis Kanker Ini Disebabkan dari Kebersihan Tubuh yang Buruk

6 Desember 2022 - 10:24 WIB

jenis Kanker
Trending di Kesehatan