Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaJepang Was-Was, Korut Uji Coba Rudal Lagi

Jepang Was-Was, Korut Uji Coba Rudal Lagi

Bogordaily.net–  Rudal balistik kembali diuji coba oleh (Korut) kelima kalinya dalam sepuluh hari terakhir, Selasa, 4 Oktober 2022 pagi. Uji coba rudal Korut tersebut tampaknya membuat khawatir.

Dilansir CNN Indonesia, Kantor Kepresidenan menyatakan rudal balistik Korut sampai terbang melewati dan membuat pemerintah mengeluarkan peringatan darurat agar warga segera mencari bungker untuk berlindung. Sirene peringatan yang tak pernah terjadi sebelumnya pun terdengar menderu kencang di dua kota utara .

“Korut tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap mengungsi ke gedung atau bawah tanah,” kata pemerintah dikutip AFP.

Peringatan darurat itu dikeluarkan sekitar pukul 07.29 pagi waktu setempat. Selain di darat, penjaga pantai juga memperingati kapal untuk berhati-hati dan waspada soal rudal Korut yang diperkirakan jatuh di perairan Pasifik dekat . Selain , militer Korea Selatan juga mengonfirmasi uji coba rudal Korut ini.

menembakkan rudal balistik yang belum teridentifikasi ke arah timur,” kata Kantor Kepala Staf Militer Korsel melalui pertanyaan.

Sementara itu uji coba ini berlangsung saat Amerika Serikat, , dan Korsel menggelar latihan angkatan laut bersama ketika Korut dikabarkan bakal melancarkan uji coba nuklir terbarunya dalam waktu dekat.

AS dan Korsel yakin Korut juga mempersiapkan uji coba nuklirnya yang bakal berlangsung ketika Kongres Partai Komunis China berlangsung pada 16 Oktober mendatang.

Selama ini Korut membenci ketiga negara itu melakukan latihan militer bersama. Pyongyang menilai latihan militer semacam itu dilakukan untuk mempersiapkan rencana menyerang Korut. Bahkan Jumat lalu, Korut menggelar latihan penanggulangan serangan kapal selam, yang pertama sejak lima tahun.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here