Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorKabupaten Bogor Darurat Sampah, Ini Kata KNPI Kemang

Kabupaten Bogor Darurat Sampah, Ini Kata KNPI Kemang

Bogordaily.net – Wilayah Kabupaten Bogor darurat , musababnya - liar berserakan di ruas jalan Kabupaten, maupun jalan provinsi atau nasional. Di wilayah Kemang misalnya, liar di Jalan Raya Ciseeng dan Tegal Kecamatan Kemang.

Merespon hal itu Ketua KNPI Kecamatan Kemang Abdul Jalil meminta Dinas DLH Kabupaten Bogor mengevaluasi UPT untuk menyisir tumpukan liar yang merusak pemandangan dan menimbulkan aroma tak sedap.

“Dan juga kepala desa atau masyarakat setempat itu harus ada kerjasamanya untuk menjaga lingkungan di masing-masing wilayah,”kata Abdul Jalil Zein kepada wartawan.

Sementara itu menurut Kepala UPT DLH Parung Kabupaten Bogor, Ace Sihabudin bahwa liar itu tiap hari sudah diangkut oleh petugas. Namun kesadaran masyarakat belum optimal.

“Artinya sekarang dikeruk siangnya sudah ada yang buang lagi di situ. Jadi mereka membuang sembarangan tidak pada tempatnya, padahal armada kita sudah nyisir,”katanya.

Ace tidak menampik memang masih banyak liar. Di ruas jalan nasional saja antara perbatasan kabupaten Bogor dan Kota Bogor masih banyak tumpukan sampah liar.

“Itu tiap hari ada sekarang dibersihkan ada lagi,”keluhnya.

Lebih lanjut untuk armada sampah dibanding dengan timbulan sampah di wilayah Parung memang diakui masih kekurangan.

“Misalnya timbunan sampah 200 ton sekarang paling bisa diangkut 150 ton dengan total Armada 23 kendaraan idealnya harusnya 40 armada,”katanya.

Meskipun ada satgas penindakan untuk yang buang sampah liar itu terbatas dan itu adanya dinas, untuk di UPT itu tidak ada.

“Tim patroli ada didinas UPT tidak punya patroli,”katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan untuk saat ini di wilayah UPT Parung dengan tumbuh kembang perumahan itu ada penambahan jumlah penduduk yang berdampak naiknya volume sampah setiap harinya.

“Volume naik karena tiap hari menghasilkan sampah seperti bayi yang lahir aja itu pakai pampers atau popok kan itu pasti akan jadi sampah belum yang lainnya.”tegasnya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here