Wednesday, 15 May 2024
HomeKabupaten BogorKabupaten Bogor Menjadi Kawasan Rawan Bencana, Ini Kata Rudy Susmanto

Kabupaten Bogor Menjadi Kawasan Rawan Bencana, Ini Kata Rudy Susmanto

Bogordaily.net – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Rudy Susmanto menanggapi terkait menjadi salah satu kawasan yang rawan terhadap bencana.

Rudy mengatakan pemerintah daerah (Pemda) harus segera membuat peta sebaran terkait mitigasi bencana untuk meminimalisir terjadinya bencana alam di wilayah .

Dengan karakteristik topografisnya yang berbeda-beda, ia menuturkan menjadi daratan yang rawan terjadi bencana alam, mulai dari bencana hingga banjir.

“Jika sebaran peta sudah terbentuk tentunya harus dibuat satgas desa tanggap bencana,” ungkap Ketua DPRD Rudy Susmanto saat memberikan keterangan kepada Bogordaily.net.

Rudy menjelaskan, bahwasanya pada saat terjadinya bencana alam, masyarakat khususnya sudah mengetahui potensi di wilayahnya masing-masing. Selain itu, dirinya menuturkan harus ada pelatihan-pelatihan terhadap kelompok tersebut.

“Mulai dari sosialisasi terlebih dahulu diawal, dengan berfokus terhadap lahan-lahan yang punya kerawanan seperti bencana longsor. Salah satunya kemarin, kita mulai di daerah desa Bojong Koneng. Di daerah tersebut akan ada penanaman pohon untuk mencegah longsor,” ucap Rudy Susmato.

Sebelumnya diketahui, intensitas curah hujan di di penghujung akhir tahun sangat tinggi. Akibat hujan tersebut, bencana alam pun menghantam beberapa kawasan di seperti banjir, longsor, angin puting beliung yang mengakibatkan pohon tumbang.

Dengan curah hujan yang tinggi inilah,yang membuat sejumlah wilayah di menjadi rawan akan bencana. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here