Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaKalahkan Bolsonaro, Lula da Silva Resmi Terpilih Jadi Presiden Brasil

Kalahkan Bolsonaro, Lula da Silva Resmi Terpilih Jadi Presiden Brasil

Bogordaily.net – Luiz Inacio resmi terpilih menjadi usai usai kalahkan Bolsonaro di putaran kedua pada Minggu, 30 Oktober 2022 waktu setempat.

Mantan itu unggul dengan 50,83 persen suara melawan saingannya, petahana sayap kanan Jair Bolsonaro dengan 49,17 persen suara.

Sama seperti pada putaran pertama, hasil awal menunjukkan Bolsonaro lebih unggul. Namun seiring suara yang masuk, keunggulan Bolsonaro menyempit dan tersalip oleh suara dari kubu Lula.

Kedua kandidat telah saling berhadapan dalam putaran pertama pemungutan suara yang berlangsung pada 2 Oktober lalu, tetapi tidak ada yang memperoleh lebih dari setengah suara.

Dikutip dari RMOL, menjabat sebagai sayap kiri selama dua periode, dari 2003 hingga 2006 dan 2007 hingga 2011.

Dia meninggalkan jabatannya dengan peringkat persetujuan 90 persen – sebuah rekor yang ternoda oleh penyelidikan korupsi terbesar , yang dijuluki “Operasi Cuci Mobil,” yang menyebabkan tuduhan terhadap ratusan politisi dan pengusaha berpangkat tinggi di seluruh Amerika Latin, termasuk dirinya.

Lula kemudian dihukum karena korupsi dan pencucian uang pada tahun 2017, tetapi pengadilan membatalkan hukumannya pada Maret 2021, membuka jalan bagi kebangkitan politiknya.

Kini resmi menjadi , telah memfokuskan kampanyenya untuk mengatasi ketidaksetaraan sosial dan mengentaskan kemiskinan. Di antara langkah-langkah yang dia usulkan adalah menaikkan pajak pada orang kaya, memperluas jaring pengaman sosial, dan meningkatkan upah minimum.

Petahanan telah berulang kali memperingatkan selama kampanyenya bahwa dia akan menentang hasil jika dia kalah dengan selisih kecil, mempertanyakan keandalan sistem pemungutan suara elektronik Brasil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here