Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kesehatan · 6 Okt 2022 09:58 WIB

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini


 Ilustrasi minuman jahe.(Freepik/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi minuman jahe.(Freepik/Bogordaily.net)

Bogordaily.net  Musim pancaroba sering kali timbul penyakit yang menyerang imun tubuh. Salah satunya adalah demam atau flu. Umumnya, flu akan muncul 1-3 hari setelah paparan virus flu. Gejala yang sering dialami oleh penderita flu berupa pilek, hidung tersumbat, batuk demam, sakit tenggorokan, serta bersin-bersin. Selain obat-obatan yang medis, ada juga obat-obatan herbal atau obat alami yang bisa meredakan sakit flu. Berikut ini adalah sejumlah obat flu alami yang bisa kamu coba sebagaimana dilansir YourSay.id dari laman alodokter.com.

Madu

Madu sudah lama dikenal akan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu adalah dapat menjadi obat flu, dan madu juga telah lama digunakan sebagai obat flu.

Madu bekerja dengan menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Madu kaya akan antioksidan serta memiliki efek antibakteri.

Jahe

Jahe, bahan herbal ini sangat cocok dibuat minuman, entah itu minuman jahe bakar, bandrek, dan lainnya. Jahe sendiri sudah lama digunakan sebagai obat flu, seperti batuk, pilek, hidung tersumbat, serta sakit tenggorokan.

Ginseng

Salah satu bahan herbal yang berasal dari Korea Selatan ini ternyata juga bermanfaat sebagai obat flu alami. Diketahui bahwa ginseng mengandung senyawa ginsenoside yang dapat memperkuat sistem imun serta mempercepat proses penyembuhan flu.

Bawang putih

Siapa sangka, bahan dapur ini bisa menjadi obat flu alami. Bahkan, sebuah studi mengatakan bahwa konsumsi bawang putih atau suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu bisa mencegah seseorang terkena flu. Namun, penelitian akan keefektivitasan bawang putih untuk obat flu masih perlu diteliti lebih lanjut.

Elderberry

Elderberry mengandung senyawa antosianin yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh virus flu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

9 Desember 2022 - 12:18 WIB

gejala Stiff Person Syndrome

Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

9 Desember 2022 - 11:43 WIB

Tekanan Darah

Tak Boleh Dianggap Sepele, Ini 5 Gejala Asam Urat

9 Desember 2022 - 10:18 WIB

Gejala Asam Urat

Gandeng PMI Tangerang, RS Murni Teguh Ciledug Gelar Donor Darah

9 Desember 2022 - 09:53 WIB

RS Murni Teguh

Dihantui Rasa Penyesalan, Berikut Cara Mengatasinya

8 Desember 2022 - 23:59 WIB

Aa Dokter Raendi Edukasi Kesehatan Kulit di Bantarjati

8 Desember 2022 - 17:49 WIB

Trending di Kesehatan