Sunday, 5 May 2024
HomeHiburanKangen Masa Kecil, Ini 6 Permainan Tradisional Sering Dimainkan

Kangen Masa Kecil, Ini 6 Permainan Tradisional Sering Dimainkan

Bogordaily.net – Kalau mengingat yang sering dimainkan waktu kecil rasanya sangat seru ya? Namun sayangnya, belakangan sudah tak banyak dimainkan. Seiring perkembangan zaman, permainan tersebut tergantikan dengan gim yang ada di gawai.

sejak dahulu sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak, disebut tradisional sebab permainan ini hanya menggunakan peralatan dan bahan permainan yang sederhana juga mudah didapat.

Namun, seiring berkembangnya waktu, eksistensi dari ini mulai kehilangan peminat dan semakin lama hilang dari pusaran penggunaanya. Untuk itu, kita sebagai generasi muda, harus bisa melestarikannya.

Berikut ini berbagai macam Indonesia yang perlu dilestarikan, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Engklek

Untuk yang satu ini, tidak memerlukan properti yang penting. Karena kamu, hanya memerlukan pecahan genting tanah liat saja, dan lahan tanah yang cukup luas serta rata.

Selanjutnya, kamu bisa mulai membuat garis yang membentuk kotak, berjumlah sembilan buah, serta pecahan genting untuk dilemparkan.

Permainan ini sangat sederhana, karena cara bermainnya hanya cukup melemparkan pecahan genting ke dalam kotak, dan kamu harus melompat sampai kotak yang terdapat pecahan genting tadi.

Selain, membutuhkan keseimbangan melompat dengan satu kaki, pemain juga harus konsentrasi saat melempar genting ke dalam kotak. Jika meleset, maka kamu harus mengulangnya dari awal.

2. Bentengan

Pernah main bentengan waktu sekolah di jam olahraga? Pasti kamu anak 90-an ya! Karena bentengan merupakan salah satu permainan yang membutuhkan kerjasama kelompok.

Pasalnya, semua peserta benteng harus menjaga benteng dan anak buah, agar tidak diambil musuh.

Bahkan, sesekali musuh akan memberontak, agar pemilik bentek memencar dan musuh akan lebih mudah menangkapnya, dan menguasai benteng.

3. Bola Bekel

Salah satu macam yang di gemari anak perempuan ialah bola bekel.

Cara memainkan bola bekel cukup mudah, yaitu melempar bola bekel ke atas kemudian pemain harus mengambil beberapa kerikil atau benda kecil yang telah disepakati.

Apabila salah satu pemain tidak berhasil mengambil beberapa kerikil, maka permainan akan dilanjutkan pemain berikutnya.

4. Kucing-kucingan

Permainan kucing-kucingan ini seperti menceritakan kehidupan seekor kucing yang selalu kejar-kejaran dengan musuhnya seekor tikus.

Cara bermain permainan ini yaitu dipilih 2 orang, 1 orang menjadi kucing dan 1 orang menjadi tikus. Setelah ditentukan kucing dan tikusnya, pemain yang lainnya membentuk lingkaran sambil berpegangan tangan, menjadi tikus dari kejaran sang kucing. Jadi, tikus harus menyelamatkan diri dari kejaran sang kucing.

5. Gasing

Bukan anak 90-an kalau kamu belum pernah main gasing, yang terbuat dari kayu, atau plastik.

Biasanya, sepulang sekolah anak-anak akan berkumpul di lapangan untuk beradu gasing masing-masing.

Untuk bisa bermain gasing, setiap anak harus memiliki satu gasing. Biasanya, beradu gasing bisa dilakukan di tanah lapang, atau di dalam kuali raksasa. Ketika beradu, siapa gasing yang paling cepat berhenti, dialah yang kalah.

6. Congklak

Permainan yang menggunakan biji kerang dan papan berlubang ini, hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja.

Untuk lubang papannya sendiri terdiri dari 16 lubang, sementara biji kerangnya memiliki 98 buah. Biji akan diletakan di setiap lubang dengan jumlah yang sama, kecuali lumbang yang besar di sisi kanan dan kiri.

Untuk cara bermainnya, kamu harus tentukan siapa yang akan mulai jalan terlebih dulu. Pemain pertama akan jalan dengan cara meletakan satu persatu biji, di setiap lubang dari kiri ke kanan sampai habis, dan ambil lagi biji di tempat terakhir biji diletakan.

Lakukan hal tersebut sampai biji masuk di lubang yang kosong, dan bergantian dengan pemain kedua.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here