Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKenali Gejala sebelum Serangan Jantung, Kena Angin Duduk!

Kenali Gejala sebelum Serangan Jantung, Kena Angin Duduk!

Bogordaily.net – Gejala biasanya muncul beberapa saat sebelum serangan. Dalam beberapa kasus, alias angin duduk bisa muncul jauh lebih awal mendahului .

“Pada sebagian orang, gejala bisa terjadi beberapa bulan atau lebih sebelum berlangsung,” ujar Zi Jian Xu MD PhD FACC dari Sutter Health seperti dilansir PMJ, Kamis, 27 Oktober 2022.

Angina adalah istilah medis untuk nyeri dada. Secara umum, keluhan angina bisa muncul karena adanya penurunan aliran darah ke otot jantung. Penurunan aliran darah ini kerap dipicu oleh adanya penumpukan lemak yang mempersempit pembuluh darah.

Selain memunculkan rasa nyeri di dada, angina juga dapat memicu timbulnya beberapa keluhan lain. Keluhan-keluhan tersebut adalah mual, lelah, sesak napas, berkeringat, serta pening.

Angina bisa terbagi menjadi dua tipe, yaitu angina stabil dan tidak stabil. Angina stabil kerap muncul akibat adanya pemicu, seperti stres atau olahraga. Serangan angina stabil akan mereda setelah tubuh diistirahatkan selama beberapa menit.

Berbeda dengan angina stabil, angina tak stabil bisa muncul tanpa pemicu. Keluhan angin duduk tak stabil juga akan terus berlangsung meski tubuh telah diistirahatkan.

Pengobatan yang tepat bisa memungkinkan pasien angina menjalani kehidupan yang normal. Pengobatan bertujuan untuk mengatasi serangan angina, mencegah terjadinya serangan angina di kemudian hari, serta menurunkan risiko .

Penggunaan obat juga perlu disertai dengan beberapa upaya lain agar kondisi angina membaik. Upaya-upaya tersebut adalah menerapkan pola makan seimbang, mengurangi alkohol, menghindari rokok, menurunkan berat badan berlebih, dan berolahraga rutin.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here