Saturday, 27 April 2024
HomePolitikKoalisi Nasdem-PKS-Demokrat, Anies Pilih Cawapres Siapa?

Koalisi Nasdem-PKS-Demokrat, Anies Pilih Cawapres Siapa?

Bogordaily.net–  Suhu politik jelang Pilpres 2024 semakin menghangat. Sejumlah partai politik mulai bergerilya mencari kawan koalisi. Termasuk Partai Nasdem, PKS dan Demokrat juga bersiap untuk membuat poros politik sendiri. Ketiganya sudah memiliki bakal calon presiden, yakni yang sebelumnya resmi diusung oleh Partai Nasdem.

Anies menyatakan bersedia diusung, terlebih kini masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta telah habis. Namun poros koalisi Nasdem-PKS-Demokrat ini masih dinamis. Setelah memiliki bakal calon presiden, ketiga partai tersebut kini tengah melakukan Tarik ulur untuk meperebutkan posisi bakal calon wakil presiden.

Seperti apa dinamika koalisi yang dibangun oleh Nasdem-PKS-Demokrat? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Setelah diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan partai Demokrat juga menyetujui sosok sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

PKS dan Demokrat tidak keberatan dengan pengajuan Anies, terlebih kedua partai tersebut diketahui dekat dengan mantan rektor Universitas Paramadina tersebut.

PKS dan Demokrat termasuk partai pendukung Anies Ketika ia maju pada Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

Lantaran telah satu suara mengenai bakal calon presiden, kini pembahasan yang mengemuka di antara ketiga partai tersebut adalah untuk menentukan bakal calon wakil presiden.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengaku, partainya telah mengadakan pertemuan dengan PKS dan Demokrat untuk membahas kriteria bakal calon wakil presiden.

“Dalam penentuan bakal cawapres, setiap partai berhak mengajukan nama-nama, baik nama dari internal partai, maupun eksternal yang bukan anggota partai,” ujar Willy dalam keterangannya.

Karena Partai Nasdem telah mengusung bakal calon presidennya, giliran PKS dan Demokrat yang mengincar posisi pendamping tersebut.

PKS dan Demokrat mengajukan nama kader potensialnya untuk menjadi bakal calon wakil presiden.

PKS mengajukan nama mantan gubernur Jawa Barat, yakni Ahmad Heryawan, sementara Partai Demokrat mengusulkan nama ketua umumnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono.

Hingga kini belum ada kesepakatan dari ketiga partai tersebut mengenai bakal calon wakil presiden yang akan diusung.

Sebelumnya diberitakan, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono () masuk dalam daftar nominasi menjadi cawapres mendampingi Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum NasDem Surya Paloh usai melangsungkan pertemuan dengan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Oktober 2022.

“Sedang kita nominasikan,” kata Surya Paloh.

Nama menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan oleh NasDem untuk menjadi cawapres yang sudah lebih dahulu mengusung Anies sebagai calon presiden. Selain NasDem penentuan cawapres Anies juga dibahas bersama dengan Demokrat dan PKS.

“Kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek yang memungkinkan hingga pasangan Pak Aniesnya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres,” imbuhnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here