Nih Kriteria Cawapres Pendamping Anies, Apa Saja?

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Politik · 30 Oct 2022 08:27 WIB

Nih Kriteria Cawapres Pendamping Anies, Apa Saja?


 Anies Baswedan usai menghadiri acara #DemiIndonesia di Jakarta Selatan, Sabtu 29  Oktober 2022. (Rakha Arlyanto/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Anies Baswedan usai menghadiri acara #DemiIndonesia di Jakarta Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022. (Rakha Arlyanto/Suara.com/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net–  Calon presiden (capres) yang diusung Partai NasDem dalam Pilpres 2024, Anies Baswedan membeberkan kriteria sosok yang ingin menjadi pendampingnya atau sebagai calon wakil presiden (cawapres). Anies menyebut sada tiga kriteria untuk menjadi cawapresnya.

“Satu untuk pemenangan, dua untuk stabilitas politik, tiga untuk efektivitas pemerintahan. Kriterianya tiga itu,” kata Anies Baswedan seusai acara #DemiIndonesia di Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2022 sebagaimana dilansir Suara.com.

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Kholid sebelumnya mengatakan nama Wakil Ketua Majelis Syura, Ahmad Heryawan atau Aher, menjadi kandidat cawapres terkuat mendampingi Anies Baswedan.

“Dalam perkembangannya, kalau dikerucutkan menjadi satu nama, PKS akan mengusulkan Aher dalam meja perundingan tim kecil,” ujarnya Selasa, 25 Oktober 2022 lalu.

Kholid menjelaskan aspirasi yang masuk ke majelis PKS telah mengantongi lima nama kadernya sebagai alternatif cawapres.

Nama-nama itu ialah Ahmad Heryawan alias Aher, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman.

Sementara Surya Paloh, selaku Ketua Umum NasDem menyatakan bahwa dirinya telah memberi lampu hijau bagi Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk diusung sebagai cawapres Anies Baswedan dalam kontestasi politik dua tahun mendatang.

“Kalau saya orang tua ini apa, kalau yang baik-baik pasti saya restui,” ujar Paloh merestui.

AHY kemudian sontak merespons restu yang diberikan oleh Surya Paloh. Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut mengaku dirinya siap maju sebagai Cawapres mendampingi Anies.

“Ya, kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas yang harus kami jalankan pada saatnya, apapun itu, di manapun itu harus siap,” kata AHY.

AHY di hadapan Paloh juga tampak antusias dan menunjukkan keinginannya untuk menang bersama Anies Baswedan menggaet suara rakyat terbanyak.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menggegerkan publik karena mendeklarasikan diri mendukung Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai cawapres Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 mendatang.

Luhut disebut bisa menjadi pelengkap Anies. Sebab menurut Ali sosok Menko Marves itu memiliki kemampuan, karakter, dan jejaring yang kuat. Namun, Ali menyampaikan bahwa keputusan untuk cawapres ada di tangan Anies.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

Artikel ini telah dibaca 14,300 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Tanggapan Jokowi Soal Kaesang Terjun ke Dunia Politik

30 January 2023 - 09:48 WIB

Kaesang Terjun ke Dunia Politik

Opsi Penataan Dapil di Kabupaten Bogor Bakal Ditetapkan Awal Februari

29 January 2023 - 18:59 WIB

Penetapan Dapil Kabupaten Bogor

Pantarlih di Kota Bogor, KPU Butuh 3.615 Orang

29 January 2023 - 13:22 WIB

Siap Terima Kaesang, Pintu PDIP Terbuka Lebar

28 January 2023 - 18:44 WIB

Kaesang PDIP

Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan, Ini Penjelasan AHY

27 January 2023 - 20:18 WIB

Partai Demokrat mendukung Anies Baswedan.

Tinggal Tunggu Waktu, PKS Beri Sinyal Dukung Anies Nyapres?

27 January 2023 - 19:54 WIB

Apakah PKS akan mendukung secara resmi Anies Baswedan?
Trending di Politik