Friday, 26 April 2024
HomePolitikNih Kriteria Cawapres Pendamping Anies, Apa Saja?

Nih Kriteria Cawapres Pendamping Anies, Apa Saja?

Bogordaily.net–  Calon presiden (capres) yang diusung Partai NasDem dalam Pilpres 2024, membeberkan kriteria sosok yang ingin menjadi pendampingnya atau sebagai calon wakil presiden (cawapres). Anies menyebut sada tiga kriteria untuk menjadi cawapresnya.

“Satu untuk pemenangan, dua untuk stabilitas politik, tiga untuk efektivitas pemerintahan. Kriterianya tiga itu,” kata seusai acara #DemiIndonesia di Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2022 sebagaimana dilansir Suara.com.

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Kholid sebelumnya mengatakan nama Wakil Ketua Majelis Syura, Ahmad Heryawan atau Aher, menjadi kandidat cawapres terkuat mendampingi .

“Dalam perkembangannya, kalau dikerucutkan menjadi satu nama, PKS akan mengusulkan Aher dalam meja perundingan tim kecil,” ujarnya Selasa, 25 Oktober 2022 lalu.

Kholid menjelaskan aspirasi yang masuk ke majelis PKS telah mengantongi lima nama kadernya sebagai alternatif cawapres.

Nama-nama itu ialah Ahmad Heryawan alias Aher, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman.

Sementara Surya Paloh, selaku Ketua Umum NasDem menyatakan bahwa dirinya telah memberi lampu hijau bagi Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk diusung sebagai cawapres dalam kontestasi politik dua tahun mendatang.

“Kalau saya orang tua ini apa, kalau yang baik-baik pasti saya restui,” ujar Paloh merestui.

AHY kemudian sontak merespons restu yang diberikan oleh Surya Paloh. Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut mengaku dirinya siap maju sebagai Cawapres mendampingi Anies.

“Ya, kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas yang harus kami jalankan pada saatnya, apapun itu, di manapun itu harus siap,” kata AHY.

AHY di hadapan Paloh juga tampak antusias dan menunjukkan keinginannya untuk menang bersama menggaet suara rakyat terbanyak.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menggegerkan publik karena mendeklarasikan diri mendukung Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Luhut disebut bisa menjadi pelengkap Anies. Sebab menurut Ali sosok Menko Marves itu memiliki kemampuan, karakter, dan jejaring yang kuat. Namun, Ali menyampaikan bahwa keputusan untuk cawapres ada di tangan Anies.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here