Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaManfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan, Kontrol Diabetes hingga Kekebalan Tubuh

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan, Kontrol Diabetes hingga Kekebalan Tubuh

Bogordaily.net – Sering diolah dengan digoreng sebelum dikonsumsi, sukun yang memiliki nama latin berbentuk bulat dan seringnya berwarna hijau.

Manfaat sukun dipercaya mampu mengobati dan mencegah penyakit tertentu. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, kalium, natrium, hingga kalsium membuat ini kerap dijadikan obat herbal.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 18 Oktober 2022 berikut manfaat konsumsi sukun untuk tubuh, antara lain:

1. Bantu Jantung

Sukun merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium mendukung penurunan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium.

Serat makanan dalam sukun juga membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapannya dalam usus.

Manfaat sukun bagi membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Konsumsi sukun juga dikaitkan dengan pengurangan kadar trigliserida yang menjadi penyebab utama serangan jantung.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Sukun bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori berlebihan. Jumlah serat yang tinggi juga mendukung kelancaran metabolisme.

Tubuh yang memiliki metabolisme baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan.

3. Menjaga Tulang

sukun sumber potasium yang penting dalam mengatur keseimbangan cairan, mendukung gerakan kerangka dan memperlancar kontraksi otot serta menghemat kalsium dalam tubuh, sehingga membantu meminimalkan kehilangan kalsium melalui urin.

Mineral lainnya termasuk riboflavin, niacin, seng, mangan, kalsium dan banyak lagi. Seng dan magnesium sangat penting untuk metabolisme tulang sementara yang lain berfungsi bersama-sama, atau terpisah untuk meningkatkan kesehatan tulang secara umum.

4. Bantu Kontrol Diabetes

Manfaat sukun yang selanjutnya adalah membantu mengontrol diabetes. Sukun adalah makanan yang sangat enak yang banyak direkomendasikan untuk pasien diabetes oleh ahli gizi karena fungsinya dalam mengurangi risiko diabetes.

Serat yang terkandung dalam ini berperan khusus dalam menghambat penyerapan kelebihan asupan glukosa dari karbohidrat.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sukun disebut sebagai makanan penambah daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup dibutuhkan oleh tubuh manusia.

sukun sangat kaya serat, membuat makanan ini penting karena dapat melawan semua senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan di sisi lain meningkatkan metabolisme yang sehat.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here