Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorMaterial dan Alat Berat Standby, Pengerjaan Pembangunan Jalan R3 DikebutĀ 

Material dan Alat Berat Standby, Pengerjaan Pembangunan Jalan R3 DikebutĀ 

Bogordaily.net ā€“ Proyek R3 yang memiliki tenggang waktu 90 hari pengerjaan dan bernilai kurang lebih Rp 4,8 miliar, terus digeber pelaksanaannya.

Pengawas lapangan atau tim teknis dari Deni Rahmawan menjelaskan, jika pembangunan ini akan selesai tepat waktu, karena material dan alat pendukung sudah ada di lokasi.

ā€œMemang ada deviasi saat ini karena beberapa waktu lalu cuaca sangat ekstrem, ditambah utilitas listrik dari bangunan sutet yang berada di lokasi pembangunan. Namun, hal tersebut sudah bisa diatasi oleh tim di lapangan dan kita tengah mengejar kekurangan deviasi,ā€ kata Deni, Selasa 25 Oktober 2022.

Secara teknis, sambung dia, beton ini tidak seperti pembangunan beton di pusat kota. Alasannya, harus dilakukan pengerasan di sisi beton, dengan menggunakan Sheet Pile (tiang pancang dengan panjang delapan meter) untuk antisipasi tanah labil serta pengerasan tanah.

Untuk pengerjaan Sheet Pile sendiri bisa selesai satu minggu di masing-masing sisinya asal cuaca tidak hujan.

ā€œPelu diketahui juga, jika proses pengerasan dilakukan berulang-ulang, karena ke bawahnya tiga meter jadi ada tiga kali pengerasan dimana setiap satu meter dilakukan pengerasan, dengan menggunakan alat atau mesin Stoom Vibro dengan bobot 8/12 ton. Nah, proses ini sangat tergantung cuaca dan bisa dilakukan saat tidak hujan,ā€ terang dia.

Deni menambahkan, panjang dari proyek ini hanya 157 meter dengan lebar 14 meter. Namun, di sisi harus ada proses pengerasan yang sangat dibutuhkan dan menjadi poin penting, untuk menghindari amblas.

ā€œJika di pinggir sudah keras semua, maka tidak butuh waktu yang lama untuk melanjutkan proses betonisasi. Dan kita berharap banyak cuaca bagus terus. Kita sedang melakukan pengurangan deviasi juga dengan kerja sistem lembur. Alat yang dibutuhkan untuk kerja di malam hari pun sudah kita siapkan. Jam mulai kerja pun yang biasanya start pukul 08.00 dirubah jadi pukul 06.00 WIB,ā€ pungkasnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Ā 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here