Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorMelalui FGD, Bappedalitbang Kabupaten Bogor Satukan Kolaborasi Susun Strategis Geoproduk

Melalui FGD, Bappedalitbang Kabupaten Bogor Satukan Kolaborasi Susun Strategis Geoproduk

Bogordaily.net – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor menggelar acara (FGD) penyususnan rencana strategis geoproduk, pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Cisadane, yang dimulai pukul 09.00 WIB. Tenaga Ahli Tim Percepatan Pembangunan Geopark Nasional Pongkor Kabupaten Bogor, Baban Sarbana SE. M.Si menjelaskan geoproduk itu sendiri.

Dirinya menuturkan geoproduk ini merupakan produk khas yang dikelola oleh lokal di sebuah wilayah untuk meningkatkan potensi pengembangan yang dapat dijadikan produk unggulan.

Para tamu undangan pun nampak mengikuti jalannya acara dan antusias melakukan diskusi secara dua arah, mengenai usaha pengembangan yang sudah dilakukan di masing-masing wilayah.

Dalam acaranya, para tamu undangan dari pemangku kepentingan hadir secara seksama di dalam forum untuk berdiskusi yakni UKM, Dunia Akademik, Pemerintah, Media dan Dunia Bisnis.

Berikutnya, pemaparan permasalahan pokok geoproduk ini. Dalam pemaparan tersebut terdapat empat poin masalah pokok yang dijelaskan mulai dari belum adanya geoproduk unggulan, rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah geopark.

Rendahnya kemampuan pelaku UMKM yang dapat membetuk kemitraan berkelanjutan. Terakhir, kurangnya akses pemasaran geoproduk. Kendati demikian, para hadirin diberikan kesempatan untuk membuka suara terkait permasalah yang terjadi mengenai solusi yang dapat diaplikasikan.

Ia pun mengatakan bahwa jika kita saling kolaborasi pelaku usaha akan lebih mudah dalam memperkenalkan produknya. Keberlanjutan bisnis tersebut meliputi lima pemangku kepentingan ( UKM, Dunia Akademik, Pemerintah, Media dan Dunia Bisnis) yang saling bersinergi.

“Dalam keberlanjutan bisnis harus meningkatkan SDM yang berkompeten, produk berdaya saing dan stakeholder berkolaborasi,” jelas Baban. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here