Monday, 6 May 2024
HomeBeritaMundur dari PM Inggris, Siapa Kandidat Unggulan Pengganti Liz Truss?

Mundur dari PM Inggris, Siapa Kandidat Unggulan Pengganti Liz Truss?

Bogordaily.net , perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris, di tengah krisis ekonomi yang mendera negara itu pada Kamis, 20 Oktober 2022. Lalu, siapa kandidat yang cocok sebagai pengganti untuk menjadi PM Inggris?

Setelah mengumumkan pengunduran dirinya, pemilihan kepemimpinan akan selesai dalam minggu depan untuk menggantikan perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris.

George Canning sebelumnya memegang rekor itu, melayani 119 hari pada tahun 1827 ketika dia meninggal. Truss berkantor hanya 45 hari.

Mengingat perpecahan di Partai Konservatif, tidak ada kandidat yang jelas dan pengganti apa pun akan menghadapi negara yang kemungkinan menuju resesi.

Charlie Angela dari Al Jazeera, melaporkan dari Westminster, mengatakan peristiwa telah bergerak jauh lebih cepat daripada yang diantisipasi siapa pun di Inggris.

Itu adalah 24 jam yang kacau dengan Menteri Dalam Negeri Suella Braverman di tengah desas-desus bahwa dia dipecat, kekacauan di Parlemen dengan anggota Konservatif dilaporkan mengintimidasi yang , kemudian Truss tetap setelah dimohon untuk tetap tinggal.

Berdasarkan laporan Sky News, mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak, digadang-gadang menjadi PM baru.

Mantan menteri keuangan Inggris adalah kandidat paling populer di antara anggota parlemen Konservatif di Westminster dalam kontes kepemimpinan awal tahun ini.

Sunak sempat menjadi lawan Truss dalam pemilihan PM pada Oktober lalu. Menurut editor Sky News Sam Coates, Sunak memberi isyarat untuk menjadi PM Inggris.

“[Sunak] sangat, sangat siap untuk pekerjaan itu,” kata Coates.

Selain nama Sunak, eks Pemimpin Parlemen Inggris, Penny Mordaunt; eks Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace; Menkeu saat ini, Jeremy Hunt, masuk dalam daftar calon kuat PM Inggris.

Sementara itu, Penny Mordaunt juga menyatakan hal serupa.

“Dia telah menjelaskan dalam penampilan publiknya bahwa dia siap untuk pekerjaan itu,” ujar Coates lagi.

Prediksi PM baru itu muncul usai Truss . Ia menjabat perdana menteri hanya selama 45 hari.

“Mengingat kesulitan saat ini, saya tak bisa menerima mandat itu [perdana menteri. Saya akan menemui raja” kata Truss, seperti dikutip Reuters.

Ia juga mengatakan pemerintah sepakat akan menggelar pemilihan PM minggu depan.

Truss mundur setelah menuai kritik atas kebijakan ekonominya. Beberapa waktu lalu, ia memangkas pajak hingga 45 persen.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here