Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaOlahraga Murah Berkhasiat, Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Olahraga Murah Berkhasiat, Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Bogordaily.net – Salah satu jenis olahraga yang murah meriah adalah . Sebab, tak perlu alat apapun dan hanya butuh niat untuk berjalan kaki saja. Meski sangat sederhana, di pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa.

di pagi hari sering kali dianggap sepele dibanding jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Tak hanya itu saja, di pagi hari juga memiliki manfaat yang sangat baik. Apa saja manfaat itu?

Berikut manfaat di pagi hari, dilansir dari berbagai sumber.

1. Memberikan energi

Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa Anda gunakan, untuk melewati hari tersebut. Orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

3. Meningkatkan Mood

Dalam hal ini, berjalan kaki di pagi hari dapat memberikan efek rileks pada tubuh serta pikiran.

Selain dapat meningkatkan suasana hati, jalan pagi juga dapat mengurangi kondisi stres, kecemasan, kelelahan, hingga gejala depresi. Jika Anda memiliki salah satu dari masalah tersebut, olahraga jalan pagi bisa menjadi pilihan.

4. Menyehatkan Organ Jantung

Berjalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.

5. Mencegah Stroke

Manfaat selanjutnya adalah mencegah penyakit stroke. Hal tersebut dapat terjadi jika dilakukan 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap sesinya. Berjalan kaki juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2.

Berjalan kaki akan membuat sel-sel dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat diolah dengan baik, dan menurunkan risiko obesitas.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here