Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalAwas Kena Tilang! Operasi Zebra di Mulai Hari Ini, Berikut Penjelasan Kakorlantas...

Awas Kena Tilang! Operasi Zebra di Mulai Hari Ini, Berikut Penjelasan Kakorlantas Polri

Bogordaily.net – Awas kena tilang, secara resmi 2022 diberlakukan hari ini. Adapun, bagi para pelanggar di 2022 akan dilakukan penilangan secara elektronik dengan sistem e-TLE.

tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem e-TLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik,” kata Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri, AKBP Agung Nugroho dikutip laman Korlantas.

Untuk itu, pengawasan melalui kamera e-TLE di sejumlah titik bakal diperketat. Tapi bagi daerah yang belum memiliki sistem e-TLE, polisi akan menerapkan tilang manual selama pengendara itu melakukan pelanggaran.

“Tilang manual mungkin pada tempat-tempat tertentu itu harus tetap dilaksanakan. Tapi pelaksanaan penindakan itu khususnya kita mengedepankan tilang elektronik, tapi tentunya tilang manual istilahnya (ada) pada tempat-tempat tertentu saja,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dikutip dari Detiknews.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menambahkan meski e-TLE sudah tersebar di 34 provinsi, namun tugas polisi lalu lintas belum tergantikan sepenuhnya. Terkait diskresi kepolisian apakah dengan hadirnya ETLE polisi lalu lintas masih bisa menilang, Firman menegaskan bahwa prinsipnya semua pelanggaran bisa ditilang. Tapi ditilang atau tidak, sekali lagi diskresi kepolisian masih ada.

“Pak Kapolri berharap kita tidak ada transaksi negatif, tilang engga tilang engga kemudian buntutnya pungli. Jadi jika ada polisi di lapangan jangan wah bapak ga boleh nilang? Kita masih punya kewenangan itu. Tapi tujuan kita bukan menilang orang di jalan, bedakan dan tolong sampaikan jangan sampai salah. Petugas kita, polisi lalu lintas ada untuk membantu masyarakat bukan untuk menilang, tolong ya ini edukasinya,” jelas Firman.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here