Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaOrang Tua Harus Tau, Ini Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak di...

Orang Tua Harus Tau, Ini Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak di Indonesia

Bogordaily.net – Kasus gangguan gagal ginjal akut pada tengah merebak di Indonesia. Untuk itu, sebagai orangtua wajib mengetahui gejala dari gangguan ginjal akut ini.

Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) menyatakan jika terdapat lonjakan kasus penyakit ini selama dua bulan belakangan.

IDAI menemukan kasus gagal ginjal akut yang menyerang 131 di Indonesia. Hingga saat ini, pihak IDAI masig melalukak proses investigasi.

“Sampai saat ini, kita masih dalam proses investigasi, mencari tahu apa yang jadi penyebab dari gangguan [ginjal akut] ini, yang kasusnya melonjak pesat di dua bulan terakhir,” ujar dokter spesialis konsultan Henny Adriani, disiarkan dalam kanal YouTube IDAI, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 14 Oktober 2022.

Penyakit ini merupakan kondisi penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara tiba-tiba. Secara medis, penyakit ini dikenal dengan istilah gangguan ginjal akut progresif atipikal.

IDAI juga mengatakan kasus ini bukan akibat konsumsi obat tertentu. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, IDAI belum mencapai kesimpulan penyebab ganguan ginjal di sejumlah wilayah di Indonesia.

Gejala gangguan ginjal akut pada anak

Pada dasarnya, gejala penyakit ginjal ini sama dengan penyakit ginjal pada umumnya. Salah satu gejala yang jelas dapat dilihat dari produksi urine atau intensitas anak buang air kecil.

Selain gejala diatas, gejala lain juga perlu diwaspadai seperti:

– demam,

– diare,

– muntah,

– gejala saluran napas seperti batuk pilek.

Beberapa gejala di atas umum ditemukan dalam kasus penyakit ginjal akut pada anak yang marak belakangan.

Setelah itu, pasien tidak memproduksi urine atau hanya sedikit urine dalam tiga sampai lima hari. Eka mengatakan, umumnya gangguan ginjal terjadi disebabkan kehilangan cairan berlebihan.

Dalam kondisi tersebut, biasanya pertolongan pertama dilakukan dengan pemberian cairan secepatnya. Namun kondisi itu berbeda pada gangguan ginjal akut .(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here