Friday, 17 May 2024
HomeBeritaPara Tahanan Jadi Biang Kerok Penjara Evin di Iran Terbakar

Para Tahanan Jadi Biang Kerok Penjara Evin di Iran Terbakar

Bogordaily.net – Aksi bentrok terjadi di dalam yang dikenal banyak menampung tahanan politik serta asing, mengakibatkan kebakaran terjadi di Evin Teheran pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Dikutip dari RMO, saksi mata melaporkan, mereka mendengar suara tembakan dari dalam arah akibat bentrokan yang terjadi antara tahanan di dalam satu bangsal dengan para personel .

Pernyataan, yang dikeluarkan oleh pengadilan , mengatakan bahwa gudang bengkel menjahit di dalam itu dibakar setelah perkelahian terjadi. Akibat dari kerusuhan ini menurut laporan dari BBC, empat tahanan meninggal dunia, sementara 61 lainnya menderita luka-luka.

Regu penyelamat dan ambulans banyak dikerahkan ke tersebut.

“Jalan menuju Evin telah ditutup untuk lalu lintas. Ada banyak ambulans di sini,” kata seorang saksi, yang dikutip dari Reuters.

Video yang keluar pada Minggu memperlihatkan api dan asap muncul dari tempat penjara. Terlihat petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api.

Sementara, banyak polisi anti huru hara yang terlihat mengendarai sepeda motor menuju fasilitas tersebut.

Orang-orang yang berada dekat dengan gedung yang terbakar berteriak, “Matilah Khamenei!” Beberapa saksi melaporkan bahwa internet kembali diblokir di daerah tersebut.

diketahui kerap memblokir internet ketika sebuah protes terjadi. Konon, hal ini untuk menghindari penyebaran kabar yang simpang siur.

Setelah kejadian itu, keluarga narapidana berkumpul di depan pintu gerbang utama Lapas. Menurut mereka, api dan asap keluar dari penjara dan banyak pasukan khusus dikerahkan di tempat kejadian.

Protes yang terus terjadi baru-baru ini telah menimbulkan tantangan serius bagi Republik Islam, dengan demonstrasi yang menyebar hampir ke seluruh negeri, dan orang-orang meneriakkan kematian Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Jaksa Teheran Ali Salehi mengatakan bahwa insiden tersebut telah berakhir damai, dan mereka telah kembali ke penjara masing-masing.

Kerusuhan itu tidak terkait sama sekali dengan protes Mahsa Amini, yang telah melanda negara itu selama empat minggu, menurutnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here