Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalPenerima BSU Tahap 5: Cara Cek Lewat HP dan Jadwal Pencairnnya!

Penerima BSU Tahap 5: Cara Cek Lewat HP dan Jadwal Pencairnnya!

Bogordaily.net – Penerima tahap 5. atau merupakan kebijakan pemerintah yang digulirkan pasca pandemi. Besaran tahap 5 Rp 600 ribu dan dikabarkan cair Senin 10 Oktober 2022.

Lantas bagaimana cara mengetahuinya. Apakah Anda termasuk penerimanya? Anda bisa cek melalui hp android Anda.

Berikut syarat dan cara mengecek penerima tahap 5, sebagai berikut.

1. WNI
2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022
3. Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)
4. Dikecualikan untuk mereka yang sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN, dan TNI-Polri.

Cara cek calon penerima atau BLT subsidi gaji 2022 Rp 600.000
1. Kunjungi situs kemnaker.go.id
2. Daftar akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
3. Login ke dalam akun Anda
4. Lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
5. Cek pemberitahuan

Apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima atau BLT subsidi gaji maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima atau BLT subsidi gaji, namun apabila Anda tidak terdaftar maka Anda akan mendapat notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima atau BLT subsidi gaji.

Jika Anda memenuhi syarat l tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, penyaluran bantuan tunai BLT gaji atau tahap 5 tersebut akan dilakukan pada Senin depan selaras dengan proses pemadanan data yang hingga kini masih dilakukan.

“Mudah-mudahan Senin sudah cair,” ujar Anwar, kepada detikcom, Sabtu (24/9/2022).

Anwar belum dapat memastikan jumlah rekening penerima BLT gaji atau BSU tahap 5 ini. Hanya saja, jumlah data yang pihaknya terima yakni sebanyak 403,461 rekening.

“Yang dikirimkan kemarin sekitar 500-an ribu. Tepatnya 403,461, adalah data tahap ke v yang kami terima dan akan kita verifikasi dan validasi,” terangnya.

Memang tidak semua orang bisa mendapatkan BLT gaji atau BSU ini. Program bantuan ini diberikan kepada pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here