Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaPenghargaan Terbaru, Sadio Mane Raih Socrates Award 2022

Penghargaan Terbaru, Sadio Mane Raih Socrates Award 2022

Bogordaily.net – Penyerang Bayern Muenchen, , mendapatkan Socrates Award 2022 atas aksi kemanusiaan dan kebaikannya di luar sepak bola.

Acara penghargaan Ballon d'Or 2022 diadakan di Theater du Chatelet, Paris, pada Senin 17 Oktober 2022 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Penghargaan tersebut diiniasisi oleh France Football selaku penyelenggara untuk memberikan apresiasi kepada pesepak bola yang aktif di bidang sosial dan kemanusiaan dalam kebaikan.

Trofi Socrates Award 2022 ini adalah yang pertama dalam sejarah penghargaan Ballon d'Or. Dikutip dari situs Bundesliga, Socrates Award diberikan kepada pemain atas perilaku baik atau berjiwa sosial.

Mane terpilih meraih Sorates Award karena rajin beramal membantu masyarakat Senegal, negara asalnya. Di Senegal membangun rumah sakit umum dan unit bersalin dengan biaya mencapai 455 ribu poundsterling atau setara dengan Rp7,98 miliar, menurut laporan Givemesport.

Selain rumah sakit dan unit bersalin, Mane juga menghabiskan 250 ribu poundsterling guna mendanai sekolah menengah gratis.

Di kampung halamannya di Bambali, Mane menyediakan laptop untuk pelajar dengan kinerja terbaik. Beberapa kebaikan yang Mane berikan juga berupa membangun pompa bensin, kantor pos, dan memberikan 61,65 poundsterling kepada setiap keluarga di desanya.

Di masa pandemi, mantan pemain Liverpool itu juga memberikan sumbangan ke Komite Nasional Senegal guna membantu memerangi Covid-19.

“Penghargaan Socrates mengidentifikasi inisiatif sosial terbaik oleh para juara yang berkomitmen,” tulis pernyataan France Fottball.

Penghargaan Socrates ini diambil dari nama legenda sepak bola Brasil, Socrates yang ikut mendirikan gerakan Demokrasi Corinthians yang menentang pemerintahan militer di Brasil pada 1980-an.

sebagai Pemain Terbaik Afrika juga masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or 2022. Pada musim terakhirnya di Liverpool, Mane mengemas 23 gol dan membantu Senegal meraih Piala Afrika.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here