Tuesday, 16 April 2024
HomeHiburanPerhatikan Hal Ini, Tips Aman Berkendara Motor saat Banjir Melanda

Perhatikan Hal Ini, Tips Aman Berkendara Motor saat Banjir Melanda

Bogordaily.net – Sebagian wilayah di Bogor dilanda akibat intensitas hujan yang tinggi. Banyak pula pemotor yang rela menerjang banjir, bahkan ada yang terjatuh hingga masuk ke dalam gorong-gorong. Berikut motor saat menerobos banjir.

Jika terpaksa harus lewat daerah banjir, pengguna motor tampaknya harus lebih waspada. Selain mewaspadai lubang dalam genangan air, pengguna motor matic juga harus waspada terhadap motor yang mogok.

Pengguna sepeda motor, perlu tahu bahwa ada batas yang perlu diketahui para pengendara. Selain itu, pengendara juga perlu mengetahui teknik untuk menerobos banjir agar motor tidak mengalami kerusakan atau mogok.

Berikut adalah saat menerobos banjir menggunakan sepeda motor, dikutip dari berbagai sumber, Kamis, 13 Oktober 2022.

1. Prediksi kedalaman banjir

Sebelum menerobos banjir, pengendara harus memastikan ketinggian air yang akan dilewati. Jangan sampai ketinggian air melebih batas filter udara, karena komponen tersebut sangat rawan kemasukan air.

Batas melewati banjir adalah dek motor. Apabila sudah terlanjur menerobos banjir, tapi tinggi genangan melebih dek motor, lebih baik menepi terlebih dahulu atau mencari jalur alternatif lain.

2. Gas jangan di geber

Saat menerjang banjir, penting bagi pengendara untuk menjaga putaran mesin tetap stabil. Disarankan untuk menggantung gas atau menahan putaran mesin agar motor mendapatkan momentum untuk terus melaju sekaligus menghindari air masuk ke dalam knalpot.

Selain itu, tidak disarankan menggunakan rem depan saat sedang menerobos jalan banjir. Penggunaan rem depan saat menerjang banjir berpotensi menyebabkan motor tergelincir atau bisa juga rem menjadi blong.

3. Perhatikan busi

Lapisi komponen busi dengan gemuk atau grease karena dapat berfungsi untuk menutupi celah yang terdapat pada sambungan busi dengan mesin. Cara ini juga mampu meminimalisir air masuk ke area pengapian.

4. Periksa rem

Ketika sudah berhasil melewati genangan, jangan senang dahulu karena bisa jadi tetap ada bahaya yang menanti. Yap, bahaya bisa disebabkan dari komponen rem, karena rem yang terendam air akan berkurang performanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, injaklah pedal rem untuk bagian belakang, dan remas tuas rem untuk bagian depan secara perlahan secara berulang, dan sedikit menarik tuas gas agar motor berjalan pelan untuk mengetahui rem sudah berfungsi dengan normal atau belum.

5. Cari jalan lain atau berteduh

Usahakan mencari jalan lain yang tidak tergenang banjir, atau berteduh sebentar, jika banjir tidak mungkin untuk dilewati.

Sedikit saran bagi pengendara motor, ketika cuaca sudah menunjukkan tanda-tanda akan hujan, seperti mendung sebaiknya anda mengurungkan niat untuk pergi jauh karena dikawatirkan akan hujan lebat atau malah akan jadi banjir. Jika anda nekat untuk menerjang hujan, usahakan kondisi motor baik dan tidak sering macet.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here