Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPeringati Hari Santri Nasional, IUQI Bogor Gelar Perlombaan di Pesantren

Peringati Hari Santri Nasional, IUQI Bogor Gelar Perlombaan di Pesantren

Bogordaily.net Mahasiswa Institut Ummul Quro Al-Islami (PESMA IUQI) Bogor melaksanakan perlombaan dan memeriahkan di lingkungan Pesma , selama dua hari yakni 21 Oktober sampai 22 Oktober 2022.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Pesma ini yang berasal dari berbagai macam daerah, seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan dan sekitarnya.

Kegiatan ini digelar untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri, dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing, bertepatan dengan resolusi jihad Mbah KH Hasyim Ashari pada tanggal 22 Oktober.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengingat, menghargai, serta mengapresiasi peran para santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Ketua pelaksana Mahasiswa Institut (PESMA IUQI) Bogor Yoga Pratama, Sabtu 22 Oktober 2022.

Menurutnya, sesuai misi yang tercantum dalam kegiatan perlombaan dan memeriahkan yaitu berdaya menjaga martabat kemanusiaan .

“Berdaya, menandai pribadi santri yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan Negara. Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak,” ujarnya.

Berdaya juga, kaya Yoga, mengandung makna bahwa santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri sejak dulu memang di didik untuk menjadi ahli agama.

Namun, santri masa kini tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk.

“Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” ungkapnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here